Semarang,mediajateng.net-Guna menghadapi bencana yang terjadi di kota Semarang, potensi SAR dari Sabhara Polrestabes Semarang Rabu (5/10) mengadakan latihan rescue darat yang dipimpin oleh Kasat Sabhara AKBP Erwin Harta Dinata di lapangan Mapolrestabes Semarang.

Menurut Erwin, Peningkatan kemampuan anggota Dalmas ini dimaksudkan jika sewaktu waktu  dibutuhkan saat adanya bencana di kota Semarang Satuan Sabhara Polrestabes baik perlangkapan maupun personilnya sudah siap.

“Kita punya empat pleton . Ada kurang lebih 80 anggota yang siap bergabung dengan teman-teman dari SAR dan BPBD jika sewaktu waktu terjadi bencana di kota Semarang,”Ungkap Erwin usai melakukan pemantapan kemampuan angguta Dalmas, Rabu (5/10) siang.

Erwin menambahkan dalam latihan kemampuam anggota Dalmas ini, dibekali cara penggunaan perlengkapan penunjang seperti perahu karet kayak, kano dan perahu khusus pendaratan yang bisa dinaiki enam hingga perahu karet jenis Landing Craft Rubber, dan Ring Buoy.

Rencananya latihan sesungguhnya bagi anggota Dalmas ini akan dilakukan dalam beberapa hari kedepan sedangkan tempat yang menungkinkan untuk dijadikan latihan adalah sungai banjir kanal barat.

“Beberapa hari kedepan akan dilakukan latihan sebenarnya, agar kalau terjadi bencana sesunggunya  sudah siap dan tanggap,” pungkas Erwin ( MJ-303)

Comments are closed.