Grobogan, Mediajateng.net – Jajaran anggota polisi dari Polres Grobogan prihatin dengan kondisi kekeringan di pelosok desa. Tepatnya di Desa Bologarang, Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan. Di desa yang dikelilingi hutan ini merupakan desa yang rawan mengalami bencana kekeringan akibat berkurangnya pasokan air.

Hal ini menggugah jajaran Polres Grobogan yang dikomando Kapolres Grobogan, AKBP Choiron El Atiq. Mereka memberikan bantuan air bersih di desa tersebut, Rabu (26/9/2018) siang.

Sebanyak empat truk tangki air bersih dengan total 18 ribu liter dibagikan kepada warga Desa Bologarang. Terlihat masyarakat mengantre dengan membawa tempat untuk menampung air yakni ember dan jerigen. Mereka menyatakan senang mendapatkan bantuan tersebut.

“Alhamdulilah, kami diberikan bantuan dari Pak Polisi. Ini sangat bermanfaat sekali. Sudah lama desa kami kesulitan mendapat pasokan air saat musim kemarau ini,” kata seorang warga.

Selama musim kering ini, warga Desa Bologarang ini harus menempuh jalan sejauh dua kilometer untuk mendapatkan air bersih. Yakni sumur yang berada di tengah hutan. Hal tersebut seperti dikatakan Sari (27) warga setempat yang ikut antre dalam pembagian air bersih ini.

“Sudah lebih dari 5 bulan kami mengalami kurang pasokan air bersih. Selama 5 bulan itulah, saya dan warga hanya bisa mengambil air dari sumur di desa sebelah dan mengharapkan bantuan air dari pemerintah,” katanya.

Sari juga memaparkan, beberapa kali desanya mendapatkan bantuan air bersih gratis dari pemerintah, namun jumlahnya belum mencukupi. “Mungkin karena tempat desa kami termasuk berada di pelosok hutan. Sumur di rumah kami juga sudah tidak mengalir,” tambah Sari.

Dalam kesempatan itu, Kapolres AKBP Choiron El Atiq mengatakan, penyaluran air ini sebagai bentuk kepedulian polisi terhadap masyarakat yang membutuhkan air.

“Sebab, sudah beberapa bulan terakhir ini warga kesulitan mengakses air bersih. Sungai setempat menyusut dan sumur-sumur tadah hujan milik warga mengering. Bantuan air bersih ini untuk memenuhi kebutuhan warga sehari-hari. Seperti memasak dan minum, karena mengalami kekeringan,” kata AKBP Choiron El Atiq.

Kapolres menambahkan, penyaluran bantuan air bersih untuk daerah yang mengalami bencana kekeringan ini merupakan bentuk kepedulian jajaran Polres Grobogan.

“Bantuan air bersih ini pastinya sangat membantu kami mencukupi kebutuhan air. Penyaluran bantuan air bersih di daerah bencana kekeringan ini salah satu wujud kepedulian kami kepada warga yang membutuhkan pasokan air bersih,” ungkap Kapolres. (Ag-Mj)

2 KOMENTAR

Comments are closed.