GROBOGAN, Mediajateng.net – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Grobogan menggelar pelatihan deteksi BPKB asli bagi seluruh karyawan BKK Purwodadi se Kabupaten Grobogan, Jumat (4/1/2019). Sosialisasi ini diadakan dengan tujuan menghindari BPKB palsu yang kemungkinan akan dipakai untuk agunan masyarakat.

Kegiatan ini digelar di Hotel 21 Purwodadi, Jalan MT Haryono dan dihadiri seluruh karyawan BKK serta Direktur Utama BKK Purwodadi Koesnanto. Meski selama ini pihak BKK Purwodadi belum mengalami penipuan dari para pemohon kredit yang mempergunakan BPKB palsu, namun pihaknya menyatakan kegiatan ini sebagai tahapan preventif sebagai antisipasi kasus penipuan.

“Pelatihan ini diarahkan sebagai langka preventif mengantisipasi penipuan agunan yang menggunakan BPKB,” ujar Koesnanto dalam sambutannya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Panji Gedhe Prabawa dalam kesempatan itu menjelaskan, Satlantas Polres Grobogan akan terus mensosialisasikan cara mendeteksi keaslian BPKB. Dengan pelatihan ini, lanjut dia, nantinya tidak akan ada masyarakat atau perbankan yang dirugikan.

“Nantinya, kami akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai cara mendeteksi keaslian BPKB agar masyarakat tidak dirugikan,” tutur ayah tiga anak ini.

BPKB palsu dapat menyebar ke masyarakat luas. Terutama maraknya penjualan mobil dan motor bekas yang seringkali diwarnai aksi penipuan dokuen dari oknum tak bertanggung jawab.

Seperti penghujung akhir tahun 2018 lalu, empat kawanan sindikat pemalsu BPKB berhasil diringkus Sat Reskrim Polres Grobogan setelah dilaporkan beberapa KSP yang menerima BPKB tersebut sebagai agunan dari para tersangka. (Ag-MJ)