DEMAK, Mediajateng.net – Polres Demak menerjunkan ratusan personelnya untuk pengamanan perayaan Idul Adha di Kabupaten Demak.

Meski disibukkan dengan berbagai kegiatan pengamanan disejumlah titik, seperti kirab minyak jamas di Kadilangu, kirab budaya prajurit patang puluhan, grebek besar di alun – alun Demak serta pasar malam grebek besar di lapangan Tembiring, namun Korps Bhayangkara itu masih menyempatkan kegiatan penyembelihan hewan qurban.

Kapolres Demak, AKBP Maesa Soegriwo memimpin Langsung proses penyembelihan hewan kurban, seusai melaksanakan Salat Idul Adha di Masjid Agung Demak.

Sebanyak delapan ekor sapi dan enam ekor kambing disembelih di lapangan tembak Polres Demak.

“Iya, hari ini kita banyak kegiatan pengamanan , karena itu , kami lakukan penyembelihan hewan qurban terlebih dahulu,sebelum pelaksanaan kegiatan pengamanan, ” kata AKBP Maesa, Rabu (22/8/2018).

“Kurban tahun ini, kita jadikan momemtum untuk menjadi bagian dari penguatan kepedulian sosial dan pendekatan persuasif kepada masyarakat, ” imbuhnya.

Setelah hewan kurban disembelih, dagingnya kemudian dibuat menjadi ratusan paket hewan kurban dan dibagikan kepada masyarakat, Pondok Pesantren, serta takmir Masjid di wilayah Demak.

“Kurban tidak hanya untuk komunitas Muslim, tetapi dagingnya kami bagikan untuk seluruh masyarakat terutama mereka yang berhak dan kurang mampu,” ungkapnya.

Seusai acara penyembelihan hewan kurban, Maesa mengajak seluruh lapisan masyarakat agar
terus meneladani sosok Nabi Ibrahim yang ikhlas mengorbankan anaknya, Nabi Ismail.

“Beliau (Nabi Ibhrahim) imannya kuat bertakwa kepada Allah SWT, ikhlas dan juga semangat berkurban. Maka kita harus ikhlas saat berkurban,” terangnya.

Sementara itu, Irma Fajariyanti (36), warga Katonsari, Demak, mengaku senang dapat memperoleh daging kurban dari Polres Demak.

Daging kurban itu, rencananya akan dia masak tongseng dan menjadi hidangan istimewa keluarganya di hari raya kurban ini.

“Terimakasih pak polisi. Kami bisa makan enak hari ini. Semoga pak kapolres dan anggotanya senantiasa mendapat ridha Allah SWT, ” kata Irma