SEMARANG, Mediajateng.net – Sekitar 10.000  masyarakat Jawa Tengah mengikuti Color Run Millennial Road Safety Festival di seputaran Simpang Lima hingga jalan Pandanaran Semarang, Minggu (24/2/2019) pagi.

Kegiatan itu merupakan program Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah untuk mengajak generasi milenial untuk mengutamakan keselamatan dalam tertib lalu lintas.

Color Run yang digelar di Semarang ini, diikuti masyarakat yang didominasi para millenial dari berbagai wilayah di Jawa Tengah.

Mereka mengikuti kegiatan mulai dari Color Run lima kilo meter maupun berbagai lomba lainnya.

Kemeriahan nampak saat ribuan warga dilepas Gubernur Jawa Tengah dan Kapolda Jawa Tengah tanda dimulainya Color Run.

Tanda dimulainya acara lari itu disebarnya tepung warna-warni ke udara sehingga menimbulkan berbagai warna di langit saat Color Run berlangsung.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, kegiatan itu ditargetkan dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi pada generasi milenial atau generasi yang lahir tahun 1990 ke atas.

Data korban kecelakaan lalu lintas dari tahun 2017-2018, didominasi dari kalangan milenial.

“Diharapkan dalam pelaksanaan kegiatan ini masyarakat ikut glorifikasi millennial road safety festival yg diselenggarakan oleh Ditlantas polda Jateng,” terang Ganjar.

Dia menambahkan, mayoritas kecelakaan tersebut berasal dari kendaraan roda dua.

“Targetnya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan milenial harus bisa ditekan,” ujarnya.

Sementara, Kasatlantas Polres Demak AKP Eko Rubianto mengatakan, kegiatan diharapkan dapat membuat kaum milenial mencintai lalu lintas, mematuhi tata tertib berlalu lintas sehingga terhindar dari kecelakaan.

Dalam acara itu, pihaknya mengirimkan 43 peserta dari perwakilan Polres Demak.

“Acara ini untuk mewujudkan Millenial Cinta Lalu Lintas Menuju Indonesia Gemilang, khususnya di wilayah Jawa Tengah,” ucapnya.

“Sehingga apa yang diharapkan bisa tersampaikan dengan baik, misal cara berkendara dengan baik, aturan lalu lintas yang wajib dipatuhi,” kata Eko.

Sementara itu, Regno Indriati (30), peserta Color Run asal Kabupaten Demak menyambut antusias acara tersebut. Dia meminta kegiatan serupa dapat dilakukan kembali di Demak.

Regno yang ikut Color Run bersama sejumlah teman lainnya ingin kehadirannya di acara itu dapat memberi pemahaman baru tentang aturan berlalu lintas serta dapat mempererat hubungan kedekatan antara polisi dengan generasi millenial.

“Saya berharap kegiatan serupa dapat di lakukan tidak hanya di Kepolisian tapi juga dapat di lakukan oleh intansi lainnya karena sebagai anak milenial sangat membutuhkan kreativitas seperti kegiatan hari ini,” kata Regno.

Selain lomba Color Run, pada acara Millennial Road Safety Festival juga diisi kegiatan senam bersama dan hiburan dari beberapa artis Ibu Kota.