WONOSOBO, Mediajateng.net- Polres Wonosobo, Polda Jateng meluncurkan program Polisi “Ngaji” di Pondok Pesantren Al Mubaarok di Kampung Manggisan Mudal Kecamatan Mojotengah.

 

Program yang merupakan singkatan dari “Nggawe Aman Jaga Iman” ini adalah kegiatan sosial keagamaan yang dirangkaikan dengan kegiatan sosialisasi pelayanan kepolisian terhadap masyarakat.

 

Kepada Mediajateng.net, Minggu (11/3/18), disebutkan hadir Kapolres bersama Pejabat Utama Polres Wonosobo, Pengasuh Ponpes Al Mubaarok K.H. Nur Hidayatullah, Rektor Ponpes Al Mubaarok Nurul Mubin Abdullah, M. Si., K.H. Ulil Abhsar Abdala ( Gus Ulil), Kapolsek Mojotengah serta anggota Polres Wonosobo.

 

Kegiatan yang diikuti ratusan santri dan masyarakat sekitar pondok, diawali engan sholat Ashar berjama’ah dilanjutkan kegiatan pelayanan kepolisian kepada masyarakat.

Dilokasi, juga dilaksanakan berbagai pelayanan seperti kesehatan gratis oleh Urkes, pengambilan sidik jari dan konsultasi hukum oleh Satreskrim, sosialisasi rekrutmen masuk Polri oleh Bag Sumda, pelayanan SKCK oleh SatIntelkam serta pelayanan pembuatan SIM oleh Satlantas.

 

Dalam sambutannya, Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras, S.I.K., mengatakan, Polisi Ngaji merupakan program unggulan Polres Wonosobo yang akan dilaksanakan secara berkelanjutan, esensi dari program itu yakni meningkatkan keimanan dan ketaqwaan anggota Polri.

 

“Tujuan program tersebut antara lain, polisi dekat dengan santri, mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, konsultasi hukum serta pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat,” katanya.

 

“Upaya ini adalah semata untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, kyai serta ulama sehingga terjalin rasa silaturahmi yang erat yang pada saatnya nanti berpengaruh demi terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat,” imbuhnya.

 

Kapolres juga mengungkapkan, dengan kegiatan ini juga diharapkan mampu menangkal gerakan radikalisme yang sedang marak belakangan ini.

 

“Dengan kedekatan ini, semoga situasi Wonosobo tetap aman dan semua warga masyarakatnya, termasuk kami, tetap menjaga keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa,” pungkasnya.

 

Pada kesempatan yang sama, pengasuh ponpes Al Mubaarok K.H. Nur Hidayatullah, menyampaikan ucapan terima kasih karena para santri dapat berbaur dan mendapat pelayanan yang baik dari Polres Wonosobo. Ia juga mengharapkan program ini berkelanjutan terlaksana di pondok pesantren lain.

 

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan pengajian terjemahan Ihya’ Ulumuddin oleh K.H. Ulil Abshar Abdala M.Si., diikuti oleh santri dan puluhan personil Polres Wonosobo hingga malam hari.(505-Mj)