DEMAK, Mediajateng.net – Pesonel Polres Demak harus siap siaga menghadapi berbagai macam bencana yang terjadi di Kabupaten Demak, terutama banjir , mengingat wilayah Demak yang dilalui oleh sungai – sungai besar, sehingga rawan bencana banjir.

Selain itu, Korps Bhayangkara juga juga harus mewaspadai bencana lainnya seperti rob, longsor, puting beliung maupun kebakaran di bumi para wali ini

“Ya, kita instruksikan seluruh jajaran agar senantiasa siap siaga menghadapi berbagai bencana dan segera melakukan langkah tanggap darurat,” kata Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar , seusai apel kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana alam 2019, Kamis (10/1/2019).
Apel siaga
di Pantai Morosari Demak itu, dihadiri oleh Bupati Demak M Natsir, Dandim Demak , Letkol Infantri Abi Kusnianto, Wakil Ketua DPRD Demak Nuryono dan Muntohar serta Kepala BPBD Demak , Agus Nugroho.

Kapolres menambahkan, selain menyiapkan personel yang rutin menggelar latihan (simulasi) penanganan bencana, Polres Demak juga telah menyiapkan peralatan pendukungnya.

“Personil siap. Perlengkapan ada, meskipun dari skala daerah masih butuh banyak sarana untuk dilengkapi,” ujarnya.

Bersama TNI, PMI , BPBD Demak serta relawan bencana maupun unsur terkait lainnya, Polres Demak senantiasa berkoordinasi apabila terjadi bencana dan langkah antisipasi bencana yang terjadi di wilayah Demak.

” Kita terus berkoordinasi dan persiapan langkah – langkah sebelum terjadi bencana maupun jika terjadi bencana alam,” kata AKBP Bahtiar.

Sementara itu , Bupati Demak M Natsir , mengatakan, pemerintah, masyarakat dan aparat harus senantiasa bersinergi dalam penanganan bencana untuk mengurangi dampak resiko akibat bencana, sehingga meminimalisir korban jiwa dan materiil.

Antisipasi bencana juga perlu dilakukan, untuk melindungi masyarakat dari berbagai macam bencana yang terjadi.

“Bencana terjadi tanpa diduga, karena itu perlu kesiap siagaan semua pihak. Ketika bencana terjadi, resikonya bisa ditekan seminimal mungkin,” kata Bupati Natsir.