SEMARANG, Mediajateng.net – Petugas Subdit 1 Industri Perdagangan dan Investasi (Indagsi) Direktorat Resese Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Tengah berhasil menyita 350 Bearing (Laker) Merk FAG yang diduga palsu dari sebuah toko di jalan Gajahmada No. 83 Semarang. Sedangkan kerugian atas dugaan pemalsuan tersebut mencapai Rp3 milyar.

Dari keterangan Kasubdit 1 Indagsi Ditreskrimsus Polda Jateng Kompol Arie Prasetya Syafa’at mengungkapkan bahwa modus yang digunakan tersangka SS ini adalah memperdagangkan Bearing atau Laker merk FAG yang mempunyai kesamaan dengan aslinya yang sudah terdaftar di daftar merk Kemenkunham RI dengan sertiftikat resmi atas nama Schaeffler Technologies AG & CO KG Schweinfurt, Germany.

“Kami sita 350 buah Bearing dari toko milk SS di jalan Gajahmada Semarang. Toko ini sudah 20 tahun berdiri, tapi sejak kapan toko ini menjual bearing palsu masih dalam penyelidikan,” ungkap Arie kepada sejunlah wartawan di sela sela gelar perkara Senin (14/11).

Lanjut Arie, untuk memastikan bahwa bearing / laker itu palsu adalah tulisan pada barang tersebut melalui proses grafir, sedangkan barang yang asli melakui proses laser.

“Bearing/laker palsu ini dijual dengan harga normal seperti barang yang asli, seperti laker alat berat dijual Rp 20 Juta sedangkan laker sepeda motor dikisaran Rp 200 ribu,” Imbuh Arie.

Tersangka SS ini dijerat dengan pasal 94 UU no 15 tahun 2001 tentang Merk dengan ancaman pidana kurungan paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp 200 Juta.

“Tersangka tidak kami tahan karena ancaman hukumanya satu tahun, tokonya hanya mendistribusikan bukan memalsukan,” ujarnya.

Pihaknya akan terus melakukan pengejaran terhadap pembuat bearing atau laker ini karena banyak masyarakat yang dirugikan lantran kualitas barang dan lama penggunaan bearing/laker ini tidak bertahan lama. (MJ-303)

Comments are closed.