Grobogan – mediajateng.net

Pocil adalah akronim dari Polisi Cilik. Di Grobogan, pocil yang beranggotakan 29 siswa SD ini menunjukkan prestasi baru. Dibawah binaan Polres Grobogan, regu pocil yang dikomandani Nadienta Adzkia Ghaisani ini sudah menunjukkan eksistensinya di hadapan masyarakat. Seperti pada momentum upacara peringatan HUT Grobogan ke 291 lalu.

Bertempat di lapangan Alun-alun Purwodadi, Nadienta memimpin barisan anggota kelompoknya. Terik matahari menyengat, mereka tetap fokus pada tugasnya. Terutama pada saat Nadienta mengerahkan pasukannya untuk jalan di tempat dan hormat kepada bupati Grobogan, Sri Sumarni, Kapolres Grobogan AKBP Agusman Gurning dan Dandim 0717/Purwodadi Jan Pieter Gurning beserta tamu undangan lain. Tentunya bukan hal yang mudah dilakukan untuk seumuran pocil ini. Tingkat kesulitan yang tinggi tetap dilalui oleh para anggota. “Mereka berlatih dua bulan di aula Polsek Purwodadi,” tutur Dini, orang tua Nadienta, yang mendukung kegiatan ini.

Apa yang dilakukan pocil ini membuat antusiasme masyarakat tinggi. Terutama pada saat parade budaya HUT ke 291 Kabupaten Grobogan. Teriakan dan applause para penonton menggema ketika para pocil mengekspresikan diri dalam gerak lagu. Terutama saat lagu

“Sewu Kutho”-nya Didi Kempot didendangkan.
Para pocil ini juga melakukan tugas layaknya polisi sungguhan. Bersama dengan Satlantas Polres Grobogan, baru-baru ini melaksanakan operasi simpatik candi 2017. Mereka melaksanakan sosialisasi kepada pengendara agar tertib dalam berlalu lintas. Sambutan positif dari masyarakat diterima pocil.

“Ternyata saya lebih kapok ditegur pocil daripada polisi sungguhan. Rasanya seperti diingatkan sama anak sendiri,” papar Khundori, seorang pengendara motor yang kebetulan lewat.

Kedepannya pocil ini akan terus berkiprah. Terutama di wilayah hukum Polres Grobogan, tempat mereka dilatih dan dibina. Sukses selalu untuk Pocil Grobogan. Ditunggu ekspresinya di momen selanjutnya. (MJ-505)