PMI Grobogan Dapat Program WASH

Grobogan-mediajateng.net

Desa Kandangan menjadi salah satu daerah di Kabupaten Grobogan yang mendapat program Community Based WASH. Hal tersebut merupakan program Palang Merah Indonesia (PMI) bekerja sama dengan Korean Red Cross, International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies, dan Kyungnam Dan Gwangjoo Chunnan Chapter

Kepala Markas PMI Kabupaten Grobogan Djasman S.Pd juga selaku Pokja WASH Kabupaten, didampingi koordinator program Marten Krisando Legowo mengatakan, hal tersebut menyangkut program air, sanitasi, dan promosi kesehatan (promkes) yang berbasis masyarakat. Dalam program tersebut, akan dilakukan perbaikan atau pengadaan sarana air bersih.

“Seperti pembangunan sumur bor, pipanisasi, dan pompa air,” katanya, hari ini (30/3)

Selain itu, untuk memperbaiki atau mengadakan sarana kebersihan diri, seperti sarana mencuci tangan di sekolah, pembuatan drainase limbah, dan tempat sampah.

“Ada juga promosi kesehatan,” ucapnya.

Untuk memantapkan program tersebut, digelar pertemuan Stakeholder Meeting WASH Programme yang berlangsung di PMI Kabupaten Grobogan, pada tanggal 30 Maret 2017. Pertemuan itu untuk mensosialisasikan, mendiskusikan, dan menyepakati hal-hal yang dibutuhkan sebelum menjalankan program.

Goenawan Permadi Pengurus PMI Provensi Jawa Tengah, didampingi koordinator program Hery Diyanto mengatakan, melalui pertemuan itu telah ditentukan kriteria pemilihan desa yang menjadi lokasi pelaksanaan program. Di Jawa Tengah, akan dilaksanakan di Kabupaten Grobogan dan Kota Semarang pada Tahun 2017 – 2019 serta dua Kabupaten sebelumnya Kab.Banjarnegara dan Kab.Blora yang sudah berjalan dua tahun.

Menurut Hery, banyak hal yang dibahas dalam pertemuan Stakeholder Meting tersebut. Tujuannya memberikan gambaran umum program WASH, mensosialisasikan petunjuk teknis pelaksanaan program, memaparkan job description staf PMI di semua tingkatan. Selain itu, merencanakan POA program untuk periode tiga bulan.

“Juga pembahasan isu dan tantangan sesuai kebutuhan pelaksanaan kegiatan,” tuturnya.

Selain perwakilan PMI Provensi dan Kabupaten, pertemuan itu diikuti perwakilan Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Kodim, Polres, PDAM,PU cipta Karya dan Pemerintahan Desa Kandangan, serta BPBD Kabupaten Grobogan

“Program ini juga untuk menopang program pemerintah daerah di masyarakat. Jadi kami saling bersinergi,” tuturnya. (MJ-505)