SEMARANG, Mediajateng.net – Bagi Anda yang belum memegang eKTP, tidak ada salahnya untuk segera mengurus. Pasalnya, pada Pilkada serentak 2017 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) hanya melakukan pendataan pada warga yang memegang kartu tanda penduduk elektronik tersebut.
Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo mengungkapkan, sudah semestinya Pemprov Jateng proaktif mendorong warga yang belum mengantongi eKTP agar segera melakukan perekaman. “Artinya, yang belum mempunyai eKTP atau belum melakukan perekaman, tidak punya hak pilih dalam Pilkada 2017 mendatang,” kata dia.
Sampai Agustus 2016, tercatat ada 1.509.452 warga yang belum melakukan perekaman data eKTP. “Terutama di tujuh daerah yang akan menggelar Pilkada 2017 besok,” tegasnya.
Dia melanjutkan, saat ini masih ada waktu untuk melakukan perekaman data karena penetapan DPT dilakukan Desember mendatang. Sementata pencocokan dan penilitian (coklit) Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dilakukan hingga Oktober.
Coklit, lanjut Joko, memerlukan waktu lama. Petugas biasanya menemui kendala perubahan data kependuduka, ada warga yang pindah rumah sehingga sulit ditemui, dan sebagainya. “Nanti data yang salah maupun warga yang belum memiliki eKTP akan dikomunikasikan dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) daerah setempat,” bebernya.
Pasalnya, warga yang belum memiliki eKTP masih tetap bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada asalkan mendapatkan surat dari Dispendukcapil. KPU siap membantu masyarakat untuk mendapatkan kelengkapan administrasi, supaya pelaksanaan Pilkada ini bisa lancar. “Nanti teman-teman di lapangan siap mengkomunikasikan dengan Dispendukcapil,” katanya.
Setelah DPT dilakukan pencocokan, lanjut Joko, nanti data itu akan diumumkan ke masyarakat menjadi data pemilih sementara (DPS). “Setelah DPS diumumkan, masyarakat bisa member masukan ke KPU mengenai kebenaran data tersebut,” kata Joko. (MJ-058)

Comments are closed.