Perkuat Mitigasi Bencana, PMI Banjarnegara Gelar Pelatihan KBBM

Banjarnegara, mediajateng.net – Bencana adalah urusan bersama antara Pemerintah, Masyarakat dan dunia usaha, untuk itu perlu sinergi dan kerjasama yang baik antara berbagai pihak dalam upaya untuk pengurangan resiko dan mitigasi bencana alam.

Hal tersebut dikemukakan oleh Camat Wanayasa Hartono, SH saat membuka kegiatan Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat dan Pembentukan Destana Desa Kubang Kecamatan Wanayasa yang dilaksanakan di Balai Desa Kubang.

“Peran serta PMI sebagai mitra pemerintah sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dalam bidang sosial kemanusiaan, banyak torehan dan sepak terjang yang telah diukir PMI dan selama ini saya rasakan saat bersama” paparnya.

Pihaknya berharap masyarakat dan relawan yang mengikuti pelatihan ini dapat dengan serius dan menyerap ilmu yang diberikan oleh pemateri atau fasilitator agar nantinya dapat diimplementasikan dilingkungan sebagai langkah mitigasi bencana dan utamanya saat terjadi bencana alam.

Saat ini diwilayah Kecamatan Wanayasa terdapat 11 desa yang telah dibentuk sebagai Desa Tangguh Bencana (Destana) untuk itu, pola mitigasi dan upaya pengurangan resiko bencana alam hendaknya dapat lebih maksimal dilakukan secara bersama sama dan berkesinambungan bersama stakeholder terkait.

Sekretaris PMI Kabupaten Banjarnegara Drs.Titho Agus Wigono, M.Si mewakili Ketua berharap pelatihan Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat (KBBM) ini nantinya mampu melahirkan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Tim Sibat) yang tangguh dan solid serta mampu memberikan langkah nyata dan bersama sama membantu pemerintah desa dalam berbagai kegiatan sosial kemanusiaan.

”apresiasi dan penghargaan kami sampaikan kepada Kepala Desa Kubang beserta perangkat dan seluruh peserta pelatihan atas terselenggaranya kegiatan pelatihan ini, semoga menjadi langkah awal dalam upaya pembinaan generasi muda yang tangguh, unggul dan berjiwa kemanusiaan” paparnya.

Pihaknya juga berpesan kepada Tim Sibat Desa Kubang setelah terbentuk dapat larut dalam berbagai kegiatan sosial kemanusiaan, berjalan optimal melayani dan memberikan kontribusi kepada masyarakat tentunya dengan arahan dari Pemerintah Desa.

Sementara itu Kepala Desa Kubang Tuslam menyampaikan terima kasih kepada PMI Kabupaten Banjarnegara atas kepercayaan dan terpilihnya Desa Kubang sebagai desa binaan PMI sekaligus membarikan edukasi kepada masyarakat dan pemuda untuk lebih giat dalam kegiatan sosial kemanusiaan.

“kami berharap kerjasama yang telah terjalin dengan baik dapat terus dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan dalam rangka mendidik generasi muda utamanya warga desa Kubang untuk bergerak bersama dalam karya kemanusiaan” paparnya.

Kegiatan Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat dan Pembentukan Desa Tangguh Bencana Desa Kubang dilaksanakan selama tiga hari diikuti oleh 30 peserta dengan materi seperti Kepalangmerahan, Kesadaran Masyarakat, Pertolongan Pertama, Manajemen Posko, VCA dan PRA, Assesment dan pemetaan, Logistik, Dapur Umum, Komunikasi dan Advokasi, Dapur umum.

Peserta juga diberikan materi Kebijakan pemerintah dalam penanggulangan bencana alam oleh BPBD Banjarnegara, Pemulasara Jenazah dan Covid serta Vaksinasi oleh DInas Kesehatan, serta peran Dinas Sosial dalam Penanggulangan bencana Alam. (MJ/50)