Peringatan Hari Ibu di Banjarnegara Sederhana Namun Penuh Makna

Banjarnegara, mediajateng.net – Momen Hari Ibu 22 Desember 2021 tingkat kabupaten Banjarnegara diperingati secara sederhana, namun penuh makna. Peringatan diselenggarakan di Pendapa Dipayuda Adhigraha, Rabu (22/12/2021).

Hadir Sekda Banjarnegara, Drs Indarto M.Si mewakili Plh Bupati, Ketua TP-PKK Hj Iis Syamsudin, Ketua Dharma Wanita Persatuan sekaligus Ketua GOW Banjarnegara Sri Rejeki Indarto, dan organisasi kewanitaan yang tergabung dalam Gabungan Organisasi Wanita (GOW).

Sekda Drs Indarto M. Si dalam sambutannya memberikan apresiasi dan penghargaan kepada kaum ibu yang konsisten dalam mengurus rumah tangga dan mendampingi putra-putrinya terutama selama pandemi covid-19.

“Selama pandemi, peran kaum ibu sangat penting. Kaum ibu justru berdaya dan banyak terlibat dalam membantu mempertahankan ekonomi. Menjadikan keluarga sejahtera adalah misi suci kaum ibu yang tak pernah lekang oleh waktu,” kata Sekda.

Sementara itu Ketua GOW Banjarnegara Sri Rejeki Indarto menambahkan, di masa kini, kaum ibu berperan aktif mencari peluang dan kesempatan yang sama dengan laki-laki dalam berbagai bidang.

“Saat perempuan berperan sebagai ibu, di sanalah tugas pendidikan dini bagi masa depan generasi. Ibu punya andil besar terhadap sikap dan karakter generasi masa depan bangsa. Kami mendorong pemerintah agar senantiasa terus memberikan perhatian yang besar kepada kaum ibu dan perempuan dalam rangka pemberdayaan perempuan dan ketahanan keluarga,” kata Sri Rejeki.

Ketua panitia, Indah Wahyu Sri Ratna, mengatakan dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-93 tahun 2021 panitia juga menggelar bhakti sosial dengan membagikan paket sembako untuk masyarakat kurang mampu, terutama terdampak Covid-19.

Aksi tersebut sebagai bentuk kepedulian untuk masyarakat kurang mampu. Paket sembako yang dibagikan total ada 235 paket berisi : 3 kilogram beras 1 liter minyak goreng, 1 kilogram gula pasir, 1 kilogram terigu dan 3 bungkus mie instan. Adapun sasarannya meliputi : tukang sampah dorongan 60 paket, Kusir dokar 20 paket, abang becak 76, warga kelurahan Krandegan 30 paket, warga Kelurahan Wangon 30 paket, serta pemulung 19 orang.

Acara peringatan Hari Ibu dihadiri oleh berbagai perwakilan organisasi kewanitaan yang ada di Banjarnegara, antara lain : Dharma Wanita, PKK, GOW, Dharma Karini, Persit Kartika Chandra Kirana, Bhayangkari, wanita PGRI, Wanita SI, Muslimat NU, Aisyiyah, dan masih banyak lagi. Peringatan hari ibu diisi dengan Pembacaan sejarah singkat Hari Ibu oleh Dini Widiyati, doa bersama, menyanyikan lagu mars serta Hymne Hari Ibu dan ditutup dengan foto bersama. (MJ/50)