Peringatan Hari Bela Negara, UMK Raih Penghargaan dari Kemenristekdikti

KUDUS, Mediajateng.net – Universitas Muria Kudus (UMK) dinobatkan sebagai juara III Sinergi Kampus Bela Negara Indonesia (SKBNI). Penghargaan tersebut dikeluarkan dalam peringatan Hari Bela Negara tahun 2017. Setiap tanggal 19 Desember, telah ditetapkan diperingati oleh bangsa Indonesia sebagai Hari Bela Negara (HBN).

Penghargaan sebagai juara III SKBNI Tahun 2017 ini, diserahkan oleh Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti, Prof. Ali Gufron Mukti di sela-sela Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis UPN Veteran Yogyakarta ke-59, beberapa waktu lalu.

Rektor UMK, Dr. Suparnyo SH. MS., bersyukur atas raihan prestasi nasional SKBNI, terlebih penghargaan ini sebagai penanda sekaligus pengakuan publik kepada UMK sebagai perguruan tinggi yang berkomitmen dalam implementasi nilai-nilai bela Negara.

“Alhamdulillah, kami bersyukur bisa mendapatkan penghargaan SKBNI menjelang peringatan Hari Bela Negara (HBN). Ini sangat berarti bagi kami,” ujarnya, kemarin.

Dia menyampaikan, peringkat I SKBNI tahun 2017 diraih oleh UPN Veteran Yogyakarta dan peringkat II UPN Jawa Timur. “Selanjutnya di peringkat III adalah UMK,” terang Suparnyo.

Suparnyo mengemukakan, sebelum dinobatkan meraih peringkat III SKBNI 2017, proses yang dilalui adalah mengikuti seleksi administrasi terlebih dahulu. “Dalam seleksi administrasi UMK masuk 10 besar, dan proses selanjutnya ada visitasi dari tim juri.”

Meraih peringkat III SKBNI 2017, lanjut Suparnyo, bukan semata persoalan mendapat penghargaannya, melainkan sebagai komitmen menyadarkan generasi, bahwa perguruan tinggi memang sudah semestinya mengambil peran yang besar dalam menginternalisasikan nilai-nilai bela negara kepada sivitas akademika dan masyarakat luas.

Dia pun bertekad, akan mengawal program-program bela negara di perguruan tinggi yang dipimpinnya. “Ke depan, kita akan meningkatkan komponen-komponen atau program-program terkait internalisasi nilai-nilai kebangsaan, nasionalisme dan bela negara,” tegas Suparnyo. (MI-001)

Comments are closed.