Grobogan, Mediajateng.net – Perbaikan perempatan Jalan Diponegoro, Purwodadi atau lebih dikenal dengan sebutan Perempatan Danyang ini dikerjakan lebih awal dari rencana. Semula, pengerjaannya dimulai tanggal 27 Agustus 2018. Namun, setelah dilakukan penghitungan ulang, proses pengerjaannya dimulai lebih awal, Kamis (16/8/2018) kemarin.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Grobogan, Subiyono mengatakan, pengerjaan dimulai dengan melakukan pembokaran di badan jalan sisi timur. Yakni pada jalur menuju Jalan Raya Danyang-Kuwu. Pembongkaran tersebut dilakukan dengan pemasangan ditch pada saluran jalan tersebut.

“Setelah kami lakukan penghitungan ulang dengan umur beton, waktunya sangat mepet. Karena itu, kami lakukan perbaikan lebih dini dan dmulai dengan perbaikan saluran di jalan tersebut karena saluran di jalur ini sering mampet dan menyebabkan genangan,” kata Subiyono, Jumat (17/8/2018).

Seperti yang pernah diberitakan mediajateng.net, perbaikan perempatan Danyang ini dianggarkan Rp 1,2 Miliar yang dikucurkan dari Dana APBD. Sesuai kontrak, target penyelesaian proyek ini yatu empat bulan masa pengerjaan dan dilakukan CV Mukti Tama.

’’Perbaikan dimulai di jalur sebelah kiri dari arah Purwodadi. Jalan akan dicor setinggi 25 cm. Kalau tak ada kendala, diperkirakan perbaikan jalan tersebut akan selesai selama empat bulan, sesuai kontraknya,’’ kata Subiyono, kemarin.

Sebelum pengerjaan dilakukan, lanjut dia, pihaknya akan mensosialisasikan pada masyarakat lebih dulu. Sosialisasi itu dilakukan untuk menunjukan jalur alternatif yang digunakan. Hal ini dikarenakan jalur tersebut akan ditutup selama masa pengerjaan.

Menurut Subiyono, selama pengerjaan di jalur sisi timur, arus di jalur sisi barat akan diberlakukan dengan sistem buka tutup. Untuk pilihan lain, jalur sisi barat diberlakukan dua arah. Hanya saja itu akan dilihat kepadatan arus lalulintasnya.

’’Kami imbau, warga menghindari titik-titik perbaikan jalan di sana. Kami sudah bekerjasama dengan Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Grobogan untuk mengalihkan arus ke titik perbaikan tersebut,’’ ujarnya. (Ag-Mj)