Penggalang SD Negeri Kecil Munggangsari Belajar PPPK

Banyumas, mediajateng.net – Pramuka Penggalang SD Negeri Kecil Munggangsari Desa Karangsalam Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pertolongan Pertama Pada Kecelakan, Jum’at (19/11/2021) di Pangkalan Gugus Depan 03.4389-03.4390. Kegiatan ini kerja dengan Mahasiswa Pendidikan Profesi Ners Universitas Jenderal Soedirman.

Kepala Sekolah selaku Ketua Mabigus Drs. Hidayaturrohman, M.Pd kegiatan diikuti 24 pramuka penggalang yang terdiri dari 10 penggalang putra dan 14 penggalang putri. Menurutnya sosialisasi bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampian pada anak didik khususnya yang tergabung dalam Pramuka, agar dapat memehami dan dapat memberikan pertolongan pertama pada korban sebelum ditangani oleh tenaga medis atau korban dirujuk ke tempat pelayanan yang lebih lengkap.

Hidayaturrohman menambahkan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) adalah upaya pertolongan dan perawatan sementara terhadap korban kecelakaan atau pada kegawatdaruratan sebelum mendapat pertolongan yang lebih sempurna dari dokter atau paramedik. Ini berarti pertolongan tersebut bukan sebagai pengobatan atau penanganan yang sempurna, tetapi hanyalah berupa pertolongan sementara yang dilakukan oleh petugas P3K yang pertama kali melihat korban. Pemberian pertolongan harus secara dan tepat dengan menggunakan sarana dan prasarana yang ada di tempat kejadian. Tindakan P3K yang dilakukan dengan benar akan mengurangi cacat atau penderitaan.

“Minimal anak-anak paham dengan beberapa kecelakaan, dan jika memnungkinkan dapat mencegah cedera luka bertambah parah, dan menunjang membantu usaha penyembuhan,” katanya.

Ia mengaku senang atas ilmu yang diberikan oleh adik-adik mahasiswa Pendidikan Profesi Ners Universitas Jenderal Soedirman sebanyak 10 mahasiswa yaitu Dessy maharesmi Kurnia Dewi, Fiqna khozanatuha, Novia Niken Dwipayana, Laela Fajrin, Tami Widiatul, Agil Fahira, Kustiara Alya, Indah Sekar tanji, Risna Devi dan Fian Ayu.

“Mereka secara kolaborasi memberikan pemahaman tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakan kepada adik-adik peggalang. Para mahasiswa berharap adik-adik bisa memahami sekaligus mempraktikkan P3K,” tambahnya. (MJ/50)