Pengembangan Wisata Budaya Demak Harus Dibangkitkan

DEMAK, Mediajateng.net – Pengembangan wisata budaya dan religi di Kabupaten Demak dirasa cukup mendesak. Dengan segala potensi yang ada, Kabupaten Demak dinilai mampu menjadi ikon wisata religi di Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi A DPRD Demak, Sunari, seusai berkunjung ke Desa Wisata Pampang,  Samarinda Kalimatan Timur , Rabu (15/11/2017).

Dalam kunjungan kerjanya, para wakil rakyat Kota Wali ini mempelajari banyak hal terkait pengelolaan wahana wisata dan Budaya suku Dayak di Pulau Borneo ini.
“Mungkin bagi masyarakat setempat, adat istiadat mereka sudah bukan hal istimewa, tapi bagi pengunjung dari luar menikmati pemandangan khas suku dayak itu luar biasa,” kata Sunari , saat dihubungi via sambungan telepon.
Berdasarkan observasi para anggota dewan, Wahana Wisata Pampang Samarinda memang menjual branding dengan kemasan yang sudah dipersiapkan untuk dipertontonkan ke dunia luar.
“Tiap lokasi dan kegiatan sudah dimanajemen dengan teliti. Dari para pengunjug, warga setempat bisa mendapat pemasukan untuk meningkatkan taraf hidup mereka,”  lanjut politisi dari Partai Golkar ini.
Dorongan para anggota dewan untuk membuat wahana Wisata adat Budaya di Demak, didasarkan pada adanya Peninggalan Budaya Islam di awal masuknya ke Indonesia.
Demak memiliki modal Masjid Agung Demak Dan Kadilangu sebagai peninggalan para wali sanga, aulia pertama yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa.
“Begitu banyak pengunjung yang memadati dua situs tersebut. Demak Bintoro sudah terkenal seantero dunia. Tinggal Pemkab Demak memikirkan packagingnya sehingga Demak bisa menjadi destinasi Wisata Budaya dan religi yang bisa mendatangkan devisa. Masyarakat lokal pun bisa sejahtera jika dilibatkan dalam program ini,” harap Sunari.
Lebih lanjut ia menambahkan, dukungan dari berbagai stakeholder tentu saja akan membuat program wahana Wisata Budaya dan religi Demak akan makin sempurna dan terlihat kompak demi masa depan Demak dalam menyongsong globalisasi.
“Jika desa budaya di Demak bisa terwujud,  tentunya akan meningkatkan ekonomi warga,  bisa dari home stay maupun souvenirnya, ” pungkasnya.