Penasaran Cendol Dawet Penangkal Corona, Lasmi Indaryani Kunjungi Sekolah Ini

Banjarnegara, Mediajateng.net, – Anggota DPR RI Komisi V, Lasmi Indaryani mengunjungi SMK HKTI 1 Purwareja, Klampok, Banjarnegara Jawa Tengah, Rabu (18/3). Tujuan dari kunjungan ini karena dirinya tertarik ingin melihat secara langsung sekelompok siswa sekolah tersebut yang berhasil membuat olahan cendol dawet berbahan dasar daun kelor, yang diyakini bisa menangkal virus corona / Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

“Saya tidak menyangka, cendol dawet kuliner khas Banjarnegara jadi inspirasi para siswa. Cendol diolah dengan sari daun kelor dan diyakini mampu tangkal virus corona. Dan saya yakin temuan ini sangat bermanfaat, disaat wabah corona sedang melanda hampir disemua negara,” katanya disela-sela kunjungan.

Lasmi didampingi para guru memperhatikan secara detail langkah demi langkah para siswa dalam meracik daun kelor menjadi minuman cendol dawet yang sehat dan menyegarkan. Proses pembuatan cendol dawet ini terbilang sangat mudah dan praktis.

Lasmi Indaryani sebagai wakil rakyat Dapil Jawa Tengah VII berharap, penemuan siswa ini bisa ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah setempat . Hal ini karena setiap penemuan siswa perlu dukungan dari berbagai pihak agar nantinya bisa bermanfaat untuk kepentingan ilmu pengetahuan dan masyarakat luas.

“Kejelian para siswa patut diacungi jempol, bisa memanfaatkan daun kelor yang mudah ditemukan di sekitar lingkungan sekolah. Saya support penuh para siswa untuk terus semangat dalam belajar agar ilmunya bisa bermanfaat untuk orang banyak,” harapnya.

Menurut penuturan Diyah Utami dan Kanaya Feyza Rheznandya, awalnya bersama dengan siswa lain melakukan penelitian dengan memanfaatkan tanaman daun kelor yang banyak dijumpai di wilayah mereka. Diketahui, daun kelor mengandung kaya antioksidan dan mengandung zat antiperadangan.

Zat tersebut dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh untuk mencegah berbagai penyakit termasuk virus corona. Ditambah lagi tren anak-anak milenial zaman sekarang lebih tertarik mempunyai tubuh yang sehat.

“Saya dan teman-temana hanya berusaha mengembangkan penelitian. Kebetulan bertepatan dengan isu wabah virus korona/COVID-19 jadi kita perlu menambah daya imun tubuh,” tambahnya.

Cara membuatnya, kata Diyah Utami, mudah dan praktis yakni langkah pertama dengan membuat serbuk hijau dari daun kelor. Setelah itu, serbuk tersebut diseduh lalu ditambahkan susu murni dan agar-agar untuk menambah cita rasanya.

“Kombinasi tanaman herbal dan bahan makanan ini, diyakini ampuh dalam meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh,” bebernya. (ot/mj)