Pemkab Grobogan Raih Predikat WTP, Ini Komentar Ketua Dewan

6

GROBOGAN, Mediajateng.net – Prestasi Pemkab Grobohan melalui penghargaan opini WTP diapresiasi positif oleh Ketua DPRD Kabupaten Grobogan Agus Siswanto SSos. Dengan adanya prestasi ini, politikus asal Gubug ini mendorong keuangan Pemkab untuk dipertahankan guna terus mendapatkan penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Penghargaan yang diterima dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) harus terus dipertahankan.

Menurutnya, dengan penghargaan opini WTP merupakan keberhasilan pemerintah kabupaten Grobogan dalam pengelolaan keuangan. Prinsip transparansi, tepat guna, dan jelas penggunaan serta disiplin pelaporannya harus terus dipertahankan demi terwujudnya sistem administrasi keuangan yang transparasi dan akuntabel.

‘’Kami bangga atas keberhasilan pemkab Grobogan dalam mempertahankan penghargaan opini WTP tahun ini. Ini merupakan penghargaan ketiga kalinya, dan saya harap opini ini terus dipertahankan,’’ kata Agus, kemarin.

Terkait hal itu, Agus Siswanto juga mengajak seluruh anggota dewan dan para pimpinan organisasi Pemerintah Daerah (OPD) untuk meningkatkan kinerjanya.

Terutama ketelitian dalam pembuatan laporan penggunaan anggaran.
Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Wasono Nugroho mengatakan opini keuangan WTP yang diberikan BPK jangan membuat pemerintah terlena.

“Justru dengan adanya penghargaan tersebut menjadi tantangan agar tetap menyelenggarakan pemerintahan lebih baik dan bersih,” paparnya.

Wasono juga berharap pemerintah dalam hal ini pimpinan OPD lebih jeli dalam pengalokasian anggaran kegiatan dan pelaporannya. angan sampai ada catatan-catatan yang diberikan BPK. Politisi yang akrab disapa Soni itu menyarankan agar berkas diteliti lebih dulu sebelum penyerahan.

‘’Catatan-catatan yang diberikan BPK mohon jangan diulangi kembali. Situasi sekarang ini memang tidak begitu menonjol dan melihat perjalanan ini masih wajar-wajar saja,’’ kata politisi Partai Golkar tersebut.

Karena itu, ia berharap sebelum melakukan perencanaan anggran OPD menerjunkan tim ke lapangan untuk melihat lokasi kegiatan. Dia mencontohkan pada sektor pendidikan. Saat menganggarkan kegiatan perbaikan bangunan SD, perlu dibuat data skala prioritas.

‘’Jangan SD yang sudah baik terus dikucur anggaran, sementara yang rusak parah tidak diperhatikan. Beberapa waktu lalu, saya juga mendapatkan laporan di daerah Desa Suwatu, di sana ada sekolah yang rusak. Mestinya, sekolah-sekolah di daerah pinggiran ini juga ikut diperhatikan pemkab,’’ ujarnya.

Sebelumnya, Senin (25//5), untuk kali ketiga Pemkab Grobogan menerima penghargaan opini keuangan wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). Penyerahan tersebut dilakukan di kantor BPK Perwakilan Jawa Tengah.

Penghargaan tersebut diserahkan Kepala BPK Perwakilan Jateng Herry Subowo kepada Bupati Grobogan Sri Sumarni dan Ketua DPRD Agus Siswanto. Selain pada Kabupaten Grobogan, penghargaan tersebut juga diberikan ke beberapa kepala daerah di Jawa Tengah lainnya.

Comments are closed.