DEMAK, Mediajateng.net – Pemerintah Kabupaten Demak membagikan sebanyak 3.772 paket sembako gratis kepada warga kurang mampu pada Ramadhan tahun ini. Ribuan paket sembako berisi satu kilogram gula pasir, satu liter minyak goreng dan satu kaleng biskuit itu dibagikan pada saat bazar pasar murah Ramadhan.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Demak Siti Zuarin mengatakan bahwa pasar murah dalam rangka memperingati Ramadhan dan menyambut Idul fitri 1440 H tersebut, akan dilaksanakan di sejumlah desa dan kecamatan yang ada di wilayah Demak.

“Selain di tingkat Kecamatan kami juga menggelar pasar murah tingkat Kabupaten,” tutur Siti Zuarin, seusai pembukaannya pasar murah di halaman SDN Ngelokulon Kecamatan Mijen, Demak Sabtu (11/5/2019).

Pasar murah yang diikuti oleh 34 stan tersebut secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Demak, Joko Sutanto.

Pada penyelenggaraan pasar murah di Desa Ngelokolan tersebut, sebanyak 554 paket sembako dibagikan kepada warga yang berhak menerimanya,

“Selebihnya akan kami bagikan pada penyelenggaraan pasar murah di Kecamatan lain selama Ramadhan ini,” terangnya.

Lebih lanjut Siti Zuarin menambahkan, selain di Kecamatan Mijen , pasar murah juga akan digelar di lima kecamatan lainnya seperti Kebonagung, Dempet, Karanganyar, Karangtengah, dan Kecamatan Gajah.
Sedangkan untuk tingkat kabupaten akan berlangsung di lapangan Desa Mulyorejo, Kecamatan Demak.

“Kami menggandeng BUMD, BUMN, PKK desa di Kecamatan, UPTD di Kecamatan dan toko swalayan serta pihak swasta lainnya untuk turut meramaikan kegiatan pasar murah,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Demak Joko Sutanto mengatakan, pada bulan Ramadhan permintaan bahan pokok terus meningkat, sehingga berdampak pada kenaikan harga. Lonjakan harga yang tinggi tentu saja mengurangi daya beli masyarakat. Menyikapi kondisi itu, selama Ramadhan Pemkab Demak menggelar pasar murah agar masyarakat lebih mudah mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang relatif terjangkau.

Wabup Joko berpesan agar masyarakat dapat memanfaatkan momen tersebut dengan baik dan berbelanja sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan.

“Semoga pasar murah ini bisa bermanfaat dan dapat membantu meringankan beban warga dengan adanya naiknya harga kebutuhan pokok di bulan Ramadhan,” kata Joko