SEMARANG, Mediajateng.net – Perhatian pemerintah pusat terhadap jasa transportasi umum khususnya kereta api (KA) makin meningkat. Hal ini ditunjukan dengan pemberian subsidi tarif, karena mulai 1 April mendatang tiket perjalanan sejumlah kereta api jurusan Jawa Timur – Jakarta yang melintas di Daop IV mengalami penurunan tarif cukup signifikan. Sebagaimana diungkapkan Manajer Humas Daop IV Gatut Sutiyatmoko, saat ditemui Mediajateng.net di ruang kerjanya, Senin (22/2).

“Kami harapkan penurunan tarif diharapkan makin mengurangi pemakaian kendaraan pribadi yang melintas di Jalan Pantai Utara. Dua kereta api (KA) yang turun tarif mulai 1 April 2016 yakni kereta kelas ekonomi khususnya KA Brantas jurusan Kediri-Jakarta Pasar Senin dan KA Matarmaja jurusan Malang-Jakarta Pasar Senin,” jelasnya.
Ditambahkannya, KA Brantas dari tarif Rp 90.000 turun menjadi Rp 86.000 untuk sekali perjalanan dan KA Matarmaja dari tarif Rp 115.000 turun menjadi Rp 111.000. Sedangkan kebijakan bidang tarif, berlaku bagi KA ekonomi jarak jauh dan sedang bersubsidi.

“Penurunan tarif imbas positif pemberian subsidi pada angkutan umum ini, berlaku untuk pemberangkatan mulai 1 April 2016. Kebijakan, sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan RI No. PM 13 tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perhubungan PM 198 Tahun 2015 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Pelayanan Kelas Ekonomi untuk melaksanakan kewajiban pelayanan publik (PSO),” tambahnya.

Kendati kereta ekenomi yang berangkat dari Kota Semarang seperti Tawangjaya tidak mengalami penurunan, namun warga Kota Semarang dan sekitarnya bisa juga memanfaatkan dua kereta dari Jawa Timur yang melintas di sejumlah stasiun di Daop IV. Penurunan tarif ini dilakukan Pemerintah sebagai respon dari turunnya harga bahan bakar minyak (BBM) yang berlaku sejak 5 Januari lalu.

“Total secara nasional ada 17 KA yang tarifnya turun hingga 5% dari harga yang saat ini berlaku. Sedangkan penumpang yang telah membeli tiket KA di atas tarif yang masih mengacu pada tarif pada PM 198 tahun 2015 atau masih dikenakan tarif lama, maka PT KAI akan mengembalikan selisih tarif pada penumpang di stasiun kedatangan dengan cara menunjukkan tiket KA kepada petugas,” tegasnya. (MJ.070)

2 KOMENTAR

  1. I absolutely love your site.. Excellent colors & theme.
    Did you create this web site yourself? Please reply back as I’m wanting to create my own site and want to know where you got
    this from or exactly what the theme is named. Cheers!

Comments are closed.