PURBALINGGA, Mediajateng.net – Jajaran Polsek Kaligondang, Polres Purbalingga berhasil mengungkap kasus pencurian yang terjadi di Masjid Darusalam, Desa Slinga Kecamatan Kaligondang. Pelaku pencurian yang diamankan yaitu NM (27) warga Desa Galuh, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga.

Kapolsek Kaligondang AKP Imam Hidayat saat memberikan konfirmasi, Kamis (8/2/2018) bahwa pencurian terjadi di Masjid Darussalam Desa Slinga RT 1 RW 3, Kecamatan Kaligondang pada Rabu 15 November 2018 yang lalu. Saat itu, takmir masjid melapor ke polsek bahwa telah kehilangan sejumlah barang di masjid.
Berdasarkan laporan tersebut, Unit Reskrim Polsek Kaligondang melakukan penyelidikan. Dari hasil penyelidikan pelaku dapat teridentifikasi. Namun saat akan dilakukan penangkapan pelaku tidak berada di rumahnya. Diduga pelaku kabur setelah melakukan aksi.
“Keberadaan pelaku pencurian akhirnya bisa diketahui berkat informasi dari Unit Reskrim Polsek Mrebet. Pelaku berhasil diamankan di Desa Selaganggeng Kecamatan Mrebet pada Rabu (7/2/2018) malam,” ungkap kapolsek.
Dari tangan tersangka diamankan barang bukti berupa 1 mesin genset 3.000 Watt warna merah, 2 buah amplifier warna hitam, 1 buah mixer warna biru, 1 buah DVD Player beserta remote control dan sejumlah kabel audio serta kabel rol dan sejumlah kabel lainnya.
Berdasarkan keterangan tersangka, dirinya sempat kabur ke Jakarta setelah melakukan aksi pencurian. Sedangkan baramg bukti pencurian disimpan di dalam sebuah sumur yang kemudian ditemukan warga.
Kapolsek menambahkan, setelah dilakukan penangkapan, selanjutnya tersangka dibawa ke Polsek Kaligondang untuk dilakukan pemeriksaan dan penyidikan lebih lanjut. Selanjutnya tersangka kita titipkan ke ruang tahanan Polres Purbalingga.
“Kepada tersangka kita kenakan pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan, dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara,” pungkas kapolsek.