Pelaku Spesialis Pencurian Mesin Traktor di Geyer Berhasil Ditangkap

0

 

Sumaryono (54) dan Sutarno(49), pelaku spesialis maling mesin traktor yang ditangkap Sat Reskrim Polres Grobogan ternyata residivis. Kedua pelaku merupakan warga Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Sragen.

 

Keduanya pernah menjalani proses hukum dalam perkara yang sama, pencurian mesin traktor di Polres Sragen.

 

“Pelaku adalah residivis,” kata Kapolres Grobogan AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho saat ungkap kasus di Mapolres Grobogan, Jumat (6/3/2020).

 

Penangkapan keduanya ini terjadi saat, Suhartono (57), warga Desa Geyer, Kecamatan Geyer, kehilangan sebuah traktor yang dipergunakan membajak sawah milik Bakhri, warga Desa Geyer, Sabtu (22/2/2020).

 

Karena lahan yang luas, pekerjaan membajak sawah tidak bisa diselesaikan dan akan dilanjutkan keesokan harinya. Traktor tersebut kemudian ditinggalkan di tengah sawah tanpa penjagaan.

 

Keesokan harinya, saat korban hendak melanjutkan pekerjaannya, ia dikagetkan karena traktor yang disimpannya di tengah sawah sudah raib. Ia hanya mendapati dua roda traktor miliknya yang tertinggal di sawah milik orang lain.

 

Korban kemudian menanyakan traktornya kepada Bakri, pemilik sawah. Ditemani Bakri, korban mencari traktor yang dimaksud hingga ke tengah hutan. Namun, setelah pencarian tersebut berakhir sia-sia.

 

Korban sadar, traktornya sudah hilang. Bersama Bakri, korban kemudian melaporkan kejadian ini ke Polsek Geyer.

 

Mendapatkan informasi dari korban, unit reskrim Polsek Geyer melakukan olah TKP di sekitar lokasi. Setelah melakukan penyelidikan, petugas mendapatkan informasi bahwa pelaku mengendarai mobil Xenia Silver bernopol B 1204 VFM saat melakukan aksinya.

 

Petugas kemudian mendapatkan informasi jika pelaku sedang berada di daerah Jalan Gemolong-Salatiga. Benar saja, petugas menemukan mereka dan berusaha memberhentikan mobil pelaku.

 

Pelaku mengetahui sedang dikuntit petugas lalu melarikan diri. Petugas berusaha memberhentikan pelaku, namun tidak digubris.

 

Sesampainya di wilayah Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, tim unit Reskrim Polsek Geyer berhasil menghentikan pelaku dengan menabrakan mobilnya ke arah mobil pelaku.

 

Pelaku kemudian digelandang menuju ke Polsek Geyer untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

 

Dari tangan para tersangka, petugas menyita satu unit mobil Xenia silver yang dipergunakan pelaku untuk melakukan aksinya. Selain itu, petugas menyita satu buah traktor merk Kubota dan satu set kerangka traktor merk Quick G 1000 yang sudah terbagi menjadi tiga.

 

“Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 363 tentang pencurian dengan pemberatan dan diancam dengan hukuman penjara maksimal tujuh tahun. Kami mengimbau kepada para warga, khususnya yang mempunyai traktor agar setelah dipergunakan, agar ditempatkan di tempat yang aman, meskipun pekerjaan membajak sawah belum selesai, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” imbau Kapolres.