Pegiat Literasi Siap Rangkul Komunitas di Kota Wali

0
156

DEMAK, Mediajateng.net – Para penggerak literasi di Kabupaten Demak diharapkan mampu merangkul komunitas literasi yang selama ini belum tersentuh kebijakan dinas. Hal itu disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak, Eko Pringgolaksito saat pelantikan Forum Taman Bacaan Masyarakat ( TBM ) di Aula Dindikbud Demak, Rabu (12/2/2020).

Eko menyatakan apresiasinya bagi para pemerhati literasi di Kota Wali Demak.

“Terima kasih kepada Bapak Ibu pengelola taman baca di Demak yang sudah meluangkan waktu berjuang di bidang literasi,” tutur Eko.

Dalam paparannya, Eko Pringgolaksito menyampaikan bahwa TBM serupa tapi tak sama dengan perpustakaan. Terutama pada pengelolaan. TBM bisa berdiri di mana saja dan hanya dimotori oleh satu inisiator. Waktu pelayanan fleksibel dan koleksi pustaka tak dibatasi jumlah minimal.

Pihak Dinas Pendidikan Demak menaruh harapan tinggi terhadap Forum TBM Demak terlantik agar merangkul semua penggerak literasi tanpa membatasi latar belakang apapun.

“Semua hal berkaitan dengan aktivitas literasi silakan dirangkul dan disinergikan dengan program maghrib matikan televisi. PR kita terhadap lingkungan sosial sangat besar. Mari para penggerak literasi agar memotivasi dan memfasilitasi masyarakat supaya budaya baca makin berkembang,” Harapnya.

Eko Pringgolaksito juga menghimbau agar para pionir taman baca di Kabupaten Demak akan terus bergerak, menjalin kemitraan dan berkomunikasi aktif demi cita cita memajukan budaya literasi di Kota Wali.

“Terus bergerak demi akselerasi minat baca masyarakat,”tutupnya.

Shohibul Annam, Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) terlantik mengungkapkan agenda utama forum TBM Demak dalam rangka meningkatkan budaya literasi di Demak berupa mendata ulang TBM yang ada di Demak.

“Kami akan mendata TBM yang sudah mendapat izin atau belum. Yang aktif atau tidak. TBM yang sudah tutup akan kita coba untuk buka kembali,” ungkap Annam.

“Kami juga menjalin kemitraan dengan semua stakeholder agar semakin cepat mengentaskan keterpurukan budaya baca di lingkungan Kabupaten Demak,” imbuhnya.