Semarang-mediajateng.net

Harga komoditas cabai yang terus melambung tidak serta merta membawa keuntungan tersendiri bagi para petani cabai di wilayah Jawa Tengah.Ketua Komisi B DPRD Jawa Tengah, Chamim Irfani bahkan menyebut pedasnya harga cabai saat ini membuat teror tersendiri bagi kalangan petani dan pemerintah.

“Dengan harga cabai yang sudah tidak rasional, petani khawatir justru hal ini akan mengakibatkan inflasi tinggi. Ujung – ujungnya pemerintah akan mengeluarkan kebijakan impor cabai yang jelas tidak menguntungkan petani.” katanya

Lebih jauh pihaknya menjelaskan bahwa kekhawatiran petani tersebut terungkap saat turun ke sejumlah sentra pertanian cabai di wilayah Jawa Tengah. Diantaranya adalah di wilayah Girikulon Secang Kabupaten Magelang dan Kabupaten Temanggung.

“Untuk satu kilogram cabai, petani mengaku membutuhkan biaya produksi dikisaran angka Rp 11 ribu hingga Rp 17 ribu rupiah. Dengan kata lain harga cabai dikisaran Rp. 30 ribu per kilogramnya, mereka dipastikan sudah untung.”tambah Chamim

Dengan diambilnya kebijakan impor cabai untuk mengatasi lonjakan harga, Komisi B DPRD Jawa Tengah memastikan akan mematikan petani itu sendiri. Seperti diketahui harga cabai rawit ditingkat pasaran kini mampu mencapai harga Rp. 140 ribu per kilogramnya. (MJ-202)

1 KOMENTAR

Comments are closed.