DEMAK, Mediajateng.net – PDAM Demak menjamin pasokan air bersih untuk 50 ribu pelanggan selama puasa ramadhan hingga lebaran dipastikan aman.

Bahkan PDAM Demak mengklaim kebutuhan air bersih aman hingga kemarau mendatang.

“Insya Allah kebutuhan air bersih untuk pelanggan aman, meskipun akhir – akhir ini marak pencurian air baku,” kata Direktur PDAM Demak, Qumarul Huda, Senin (27/5/2019).

Selama ini, sambung Huda, kebutuhan air baku PDAM Demak lebih banyak mengandalkan suply dari Sungai Jajar.

Akan tetapi dalam beberapa hari ini kian banyak oknum yang mengambil air dari Sungai Jajar sehingga debit air sungai makin berkurang.

“Semalam bisa hilang satu meter, padahal biasanya cuma 10 cm, ini akibat maraknya pencurian air,” bebernya.

“Kalau terus – terusan dicuri ya suply air baku bisa berkurang. Kalau suply air baku habis terpaksa ambil dari Kedungombo,” tambahnya.

Menurut Huda, kapasitas produksi air bersih PDAM Demak sebanyak 600 liter per detik, sementara dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan sebanyak 550 liter per detik.

“Kita masih mampu mencukupi kebutuhan pelanggan. Setiap harinya kita distribusi ke pelanggan sebanyak 47.520 kubik,” jelasnya.

Dari survey internal yang dilakukan oleh PDAM Demak, selama satu bulan kebutuhan rumah tangga rata – rata 18 – 20 meter kubik.

“Rinciannya untuk kebutuhan makan dan minum sebanyak 3 kubik dan MCK 17 kubik,” pungkasnya.mj-60