Babinsa dan Bhabinkamtibmas Koramil dan Polsek Pedurungan saat bersiap gelar patroli bersama. Foto : Dok Kodim 0733 BS Semarang

SEMARANG, Mediajateng.net  – Ketika anggota TNI dan Polri duduk bersama dengan warga di Poskampling, tidak saja menciptakan rasa aman di lingkungan. Namun, kebersamaan yang terbangun dalam secangkir kopi yang disuguhkan mampu memberi makna lebih dalam kehidupan.

Kebersamaan itulah yang ingin dibangun jajaran Kodim 11 Pedurungan dan Polsek Pedurungan. Dimana, dengan menggelar patroli bersama dan maka ketakutan atas kemungkinan adanya pencurian, hingga insiden pembakaran mobil yang beberapa waktu lalu marak terjadi di Kota Semarang bisa diminimalisasi.

“Tidak saja aman karena ada warga yang jaga di poskamling plus ada anggota TNI dan Polri di lokasi itu. Namun, kebersamaan juga terbangun,” kata Komandan Koramil 11 Pedurungan, Arh Sujono, kepada Mediajateng.net, Senin (11/3).

Kebersamaan yang dapat dilihat, yakni adanya dua kesatuan yang bersama menggelar patroli yakni TNI dan Polri. Di tengah keduanya ada kelompok masyarakat dilokasi patroli.

“Artinya sinergitas tiga unsur meliputi warga, TNI dan Polri menunjukan semangat kebersamaan dalam mengamankan lingkungan bahkan dalam cakupan luas menjaga keamanan wilayah, kota bahkan negara secara bersama-sama,” tambahnya.

Patroli Cipta Kondisi Kamtibmas yang digelar Koramil 11 Pedurungan bersama Polsek Pedurungan di wilayah Kecamatan Pedurungan menuai pujian masyarakat. Warga dari perkampungan maupun perumahan menyampaikan harapan agar kegiatan patroli bersama antara aparat Babinsa TNI dengan Bhabinkamtibmas Polri bisa berlanjut terus, tidak hanya digelar menyikapi adanya potensi gangguan keamanan menjelang Pemilu Legislatif dan Presiden mendatang.

Sebagai dampak dari seringnya kami disambangi aparat keamanan dari TNI maupun Polri tiap malam, partisipasi masyarakat untuk menjaga keamanan jadi meningkat.

“Kesadaran warga untuk siskamling sekarang mulai muncul lagi. Kami malu kalau pos kami didatangi dari Koramil dan Polsek kok sepi tidak ada warga jaga, maka kami giatkan lagi jaga malam,” ungkap Margono, Ketua RT 07 RW 5 Kelurahan Gemah Kecamatan Pedurungan Semarang.

Umumnya mereka merasakan nyaman bila secara rutin ada kunjungan Babinsa dan Bhabinkamtibmas di wilayah pemukiman warga. Dampaknya sangat positif bagi keamanan dan ketertiban lingkungan.mj/50