Jaka Septiana (3 dari kanan) bersama Danramil (tengah), Babinsa Pleburan Serma Syah Wirman (kanan) dan Ketua RT Bambang Istri Prasetyo SH (kanan) melakukan salam kompak dalam menjaga Kamtibmas wilayah setelah penyerahan motor yang ditemukan setelah dicuri orang. Foto : Dok Kodim 0733 BS Semarang

SEMARANG, Mediajateng.net – Terima informasi hilangnya motor salah satu anak kost, tidak lantar membuat anggota TNI Sersan Mayor Syah Wirman melepaskan pengungkapan 100 persen kepada polisi.

Namun, dengan semangat menjaga keamanan wilayah, Serma Syah Wirman, yang merupakan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kelurahan Pleburan, Kota Semarang juga melakukan patroli sembari mencari kemungkinan adanya motor yang dicuri.

Alhasi, saat menggelar patroli menindak lanjuti berita kehilangan sepeda motor yang terjadi di kos-kosan Jalan Pleburan V Nomor 11 Semarang. Hasil positif yang didapat.

Bukan menangkap pelaku kejahatan, namun Bintara yang bertugas di kodim 0733 BS Semarang itu menemukan sepeda motor ditinggal pencuri di parkiran warung angkringan sehari setelah kasus pencurian.

Motor matic warna merah milik penghuni kos Jaka Septiadi hilang dicuri orang pada Selasa (5/3/2019) malam sekitar pukul 19.50 WIB.

Info hilangnya motor, terungkap ketika korban Jaka, pada Selasa sore usai kuliah S2 di Undip Imam Bardjo Semarang dirinya langsung pulang ke kos dan langsung tidur.

Sepeda motor matic warna merah di parkir di dalam garasi rumah kos dalam keadaan terkunci. Lalu sekitar pukul 19.50 WIB ada rekan kos hendak pinjam sepeda motor, namun setelah temannya tersebut menerima kunci dan menuju garasi tak menemukan motor Jaka.

Jaka yang sedang berada di kamar pun keluar menuju garasi setelah si peminjam mengabari sepeda motornya tidak ada.

Saat itu pula Jaka melapor ke Ketua RT 06 RW 01 Kelurahan Pleburan, Bambang Isti Prasetyo SH. Oleh Ketua RT disarankan melapor ke Polsek Lamper yang membawahi wilayah Pleburan.

Info kehilangan sepeda motor akhirnya menyebar di grup WA jaringan Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kelurahan Pleburan. Serma Syah Wirman yang menerima dan membaca pesan langsung melakukan patroli kewilayahan.

Bermodal info kehilangan, Rabu (6/3/2019) sekitar pukul 13.30 WIB, dirinya melihat ada sepeda motor dengan ciri-ciri mirip milik Jaka yang hilang. Motor matic warna merah ditinggal di parkiran warung kopi angkringan.

Menurut beberapa saksi kepada Serma Syah Wirman, motor berada di tempat sejak pagi. Akhirnya Serma Wirman mencari nomor telpon pemilik motor dan berhasil menghubungi untuk mendatangi lokasi penemuan sepeda motor.

Dari pengecekan, benar, motor milik Jaka Septiadi. Hanya saja kondisinya ada yang tidak utuh, yakni kaca spion kanannya lenyap. Motor tersebut akhirnya diserahkan Serma Syah Wirman kepada Jaka Septiadi disaksikan Ketua RT dan masyarakat sekitar, dan ditindak lanjuti korban dengan mencabut berkas laporan kehilangan di Polsek Lamper.

Danramil 13 Semarang Selatan Mayor Inf Rahmatullah mengapresiasi anggotanya yang telah membantu warga yang kehilangan sepeda motor.

“Setelah saya cek dan menemui pemilik kendaraan, memang benar telah kehilangan motor dan ditemukan oleh anggota. Sepeda motor tersebut dikembalikan kepada pemiliknya oleh anggota setelah ditemukan,” ungkap Mayor Inf Rahmatullah.

“Saya tidak lupa dan tidak merasa meminjamkan ke orang lain. Sebab kunci masih saya bawa dan tak ada duplikatnya. Kejadian pencurian di kos ini sudah dua kali terjadi, tapi alhamdulillah pencurian yang kedua terhadap sepeda motor saya berhasil ditemukan. Saya sampaikan terima kasih pada bapak Babinsa dan danramil,” aku Jaka Septiawan, Jumat (8/3/2019) saat ditemui Danramil Semarang Selatan.

Ketua RT 06 RW 01 Pleburan, Bambang Isti Prasetyo SH pun menyampaikan terima kasih atas upaya Babinsa ikut mencari sepeda motor hilang.

“Ini artinya aparat kita Babinsa maupun Bhabinkamtibmas selalu berada di tengah kita dan membantu masyarakat. Kami selaku perwakilan masyarakat menyampaikan terima kasih,” ungkap Bambang Istri Prasetyo SH.mj/50