GROBOGAN, Mediajateng.net – Hal unik terlihat di Pondok Pesantren Darul Kailani, Desa Plosorejo, Kecamatan Tawangharjo. Pasalnya, momentum bulan ramadhan digelar tradisi rutin yakni buka puasa bersama dengan pasien gangguan jiwa.

Para santri dan pasien gangguan jiwa ini berbaur menyantap makanan buka puasa yang disediakan ponpes tersebut.

Sebelum berbuka puasa bersama, para santri dan pasien gangguan jiwa ini mendengar tausiyah yang diberikan penceramah. Terlihat mereka duduk bersama tanpa memandang kondisi masing-masing dan khidmat mendengarkan ceramah tersebut.

Usai mendengar tausiyah, para santri dan pasien gangguan jiwa ini dibagi menjadi beberapa kelompok. Mereka duduk berhadapan sembari menunggu kedatangan makanan berbuka puasa.

Sebuah tampah berukuran besar berisi makanan berupa nasi rames dengan jumlah yang cukup banyak. Para santri dan pasien gangguan jiwa ini makan bersama tanpa ada kegaduhan. Meski sederhana, namun suasana keakraban terlihat saat momentum ini.

Menurut pemilik pondok pesantren ini Kyai Ahmad Khaeroni mengatakan, di pondok pesantren asuhannya ini tidak dibedakan mana santri dan mana pasien gangguan jiwa. Beberapa pasien diantaranya sudah diserahkan pengawaannya oleh para santri, yakni para pasien yang tingkat kesembuhannya sudah mencapai 75 persen.

“Para pasien gangguan jiwa ini umumnya diantar keluarga mereka karena mengalami depresi. Ada yang depresi tidak punya pekerjaan. Ada yang depresi karena bisnis pakaian yang gagal atau permasalahan keluarga lainnya,” jelas Kyai Ahmad Khaeroni.

Muhammad Nasrizl, seorang pasien yang sudah mengalami kesembuhan 75 persen mengungkapkan rasa senangnya dapat berbuka puasa bersama teman-temannya. Meskipun sederhana, namun ia sudah menganggap teman-temannya seperti saudara sendiri.

“Senang. Bisa pengajian dan buka puasa bersama teman-teman,” ungkap Nasrizl.

Kegiatan buka puasa bersama yang unik ini memang menjadi kegiatan rutin di bulan Ramadhan di Ponpes Darul Kailani tersebut. Setiap sore, pengelola ponpes tersebut mempersiapkan aneka jenis makanan dan kudapan untuk menu berbuka puasa bersama. (Ag-MJ)