DEMAK, Mediajateng.net- Kabupaten Demak merupakan salah satu dari 21 kabupaten atau kota di Jawa Tengah yang menggelar Pilkada pada tahun 2020.

Menjelang pesta demokrasi lima tahunan di Kota Wali, baru Partai Golkar yang memunculkan calonnya untuk mengikuti Pilkada Demak.
Partai berlambang pohon beringin itu siap mengusung Joko Sutanto, Ketua Dewan Penasehat Partai Golkar Kabupaten Demak maju dalam bursa kandidat calon. Joko Sutanto sendiri , saat ini masih menjabat sebagai Wakil Bupati Demak.
Menurut Nur Wahid, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Demak, Joko Sutanto sendiri terpilih berdasarkan rapat pengurus harian DPD Partai Golkar Kabupaten Demak dengan pertimbangan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Partai Golkar Demak, peraturan organisasi serta berdasarkan presatasi, dedikasi loyalitas dan tidak tercela (PDLT).
“Pak Joko salah satu kader terbaik partai. Nantinya kami calonkan sebagai Wakil Bupati Demak mendampingi Ibu Eistianah sebagai Bupati Demak dalam Pilkada Demak tahun 2020 mendatang,” kata Wahid, seusai deklarasi Minggu (30/6).
Sebagai partai pemenang keempat di Kabupaten Demak, dengan modal tujuh kursi di DPRD Demak, Partai Golkar Demak tentunya harus menjalin koalisi dengan partai lainnya. Sejauh ini, kata Wahid, partainya sudah berkomunikasi dengan partai pemenang pemilu di Demak yakni PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Termasuk berkomunikasi dengan DPD Partai Golkar Jateng maupun dengan DPP Partai Golkar.
“Kita sudah komunikasi dengan PDI Perjuangan dan PPP. Kedua partai sudah bersedia dan secepatnya akan melakukan konsolidasi,” ujarnya.
Sementara itu, Joko Sutanto mengatakan, sebagai kader partai dirinya merasa dimulyakan oleh partainya karena mendapat kepercayaan untuk kembali memimpin Demak. Selain itu, kesediannya menerima pinangan dari partai yang telah membesarkannya itu karena juga mendapat mendapat restu dari ibu dan istrinya.
“Istri dan anak – anak merestui dan mendukung maju lagi. Semoga ini memang jalan terbaik untuk membangun Demak yang kita cintai,” kata Joko.
Muhammad Saleh, Bendahara DPD Partai Golkar Jateng yang hadir pada deklarasi tersebut menyatakan bahwa DPD Partai Golkar Demak merupakan partai di Jawa Tengah yang paling cepat dan pertama kalinya mendeklarasikan calon yang maju dalam Pilkada tahun 2020. Sebelumnya DPD Partai Golkar Jateng telah berkirim surat ke masing – masing kabupaten atau kota untuk segera mempersiapkan tahapan – tahapan terkait dengan Pilkada dan ternyata Demak sudah lebih siap dan paling cepat meresponnya.
“Deklarasi lebih awal ini berdampak positif, karena akan punya lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Targetnya ya harus menang. Untuk di Jawa Tengah sendiri, dari 21 kabupaten atau kota yang menggelar Pilkada pada tahun 2020 nanti, Golkar menargetkan memperoleh kemenangan minimal 30 persen,” katanya. (MJ-AB)