GROBOGAN, Mediajateng.net – Sampai hari ini belum ada partai yang mengajukan pendaftaran bakal calon legislatif di KPUD Grobogan, walaupun masih ada waktu sampai dengan tanggal 17 Juli nanti. Berbagai alasan mengemuka, salah satunya karena partai galau menentukan nomor urut caleg.

Meski demikian, KPU berharap adanya pendaftaran balon legislatif di awal waktu pendaftaran bukan di akhir waktu pendaftaran.

“Saat ini beberapa partai sudah datang kesini, namun hanya konsultasi tentang syarat-syarat. Bagaimana teknis pengisian silon, syarat-syarat dokumennya apa saja,” kata anggota komisioner KPU Grobogan, Sakta Abaway Sakan.

Terdapat beberapa alasan kenapa belum satu partai pun yang mendaftarkan calegnya, menurut Sakta penempatan nomor urut salah satunya.

“Artinya, nomor urut partai ‘kan kewenangan internal partai. KPU sendiri tidak bisa mengintervensi, jadi jika di SILON sudah di submit tidak bisa diubah. Makanya, saya berharap sebelum di-submit partai harus fix datanya juga nomor urutnya,” tambah Sakta.

Sebagai informasi, setelah batas pendaftaran KPU hanya punya waktu satu hari untuk verifkasi. Pada tanggal 19 Juli 2018 nanti, KPU harus sudah menyerahkan daftar verifikasi.

“Maka dari itu, kita berharap di awal-awal waktu pendaftaran, partai untuk segera mendaftar. Kami sudah komunikasikan ke LO. Termasuk kami sudah membuat grup LO, artinya komunikasi intesif dengan partai sudah kami lakukan. Juga untuk PKPU 20 kita sudah sampaikan, mantan napi, mantan koruptor, mantan bandar narkoba, mantan pelaku kejahatan seksual anak itu tidak bisa mendaftar menjadi caleg,” katanya.

Sakta menambahkan, jika nanti ada yang mengajukan maka akan KPU berhak mengecek dan klarifikasi lagi. “Dan saat kita sampaikan ke partai, Alhamdulilah tidak ada yang keberatan,” pungkasnya.