Padukan Lintas Disiplin Seni, Rumah Lengger Bakal Pentaskan “Metamorfosa Lengger”

Banyumas, mediajateng.net – Rumah Lengger bakal menggelar pementasan kolaboratif bertajuk “Metamorfosa Lengger” secara daring melalui kanal YouTube “Rumah Lengger” dan luring secara terbatas di Gedung Pertunjukkan SMK negeri 3 Banyumas, Sabtu, 20 November 2021.

Pentas kolaboratif ini menjadi bentuk perjalanan panjang proses pendokumentasian dan riset yang menandai kelahiran satu tahun Rumah Lengger.

“Pertunjukan ini mengkolaborasikan empat bentuk kesenian mencakup koreografi, film, musik tradisi dan seni rupa. Untuk tari, koreografinya mengeksplorasi Lengger Barangan, Lengger Sintren, dan Calengsai (Calung Lengger Barongsai),” kata Rianto, koreografer tari “Metamorfosa Lengger, Jumat, 19 November 2021.

Uniknya, kata seniman asli Desa Kaliori ini, pementasan tidak sekadar memadukan unsur budaya Jawa dan Tionghoa. Tapi juga berkolaborasi pemutaran film dan musik tradisi.

Sedang seni rupa terintegrasi sebagai bagian dari panggung pementasan dan sarana pertunjukan tari.

Seniman Mural

Integrasi ini mengadopsi wayang beber yang digarap oleh seniman mural Adan Fajar serta karya instalasi Syaikhul Irfan dan perupa Mursalin.

Film Director, Harsya Pambudi menjelaskan, kolaborasi Metamorfosa Seni Lengger ini mendeskripsikan kemampuan para seniman lengger beradaptasi dengan kondisi alam yang melingkupinya.

Tak hanya itu, para seniman juga mengangkat nilai-nilai kemanusiaan, seperti penerimaan pada pluralisme serta terbuka pada praktik silang budaya pada program Fasilitasi Bidang Kebudayaan (FBK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini.

“Untuk proses syuting film, telah dilaksanakan di eks karesidenan Banyumas (Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Kebumen) yang merupakan wilayah persebaran lengger,” tuturnya.

Rencananya, pagelaran ini akan dibuka oleh Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono yang juga selaku Pengawas Rumah Lengger Banyumas.

Dijadwalkan turut hadir pula Sekda Banyumas, Kapolresta Banyumas, Dinporabudpar Banyumas, Dinkominfo Banyumas, Dindik Banyumas.

Selain itu juga hadir Plt. Camat Banyumas, Sri Murniyati dan Abdul Kudus selaku Pembina Rumah Lengger Banyumas, dan pihak SMKN 3 Banyumas.

Sementara Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid, akan membuka secara virtual. (MJ/50)