PURBALINGGA, Mediajateng.net – Jurus silatlindah yang dikeluarkan anggota Satlantas Polres Purbalingga, berhasil kandangkan tiga orang terduga pelaku tindak kejahatan ke dalam penjara.

Tidak saja karena pandai berkomunikasi, namun kepiawaian dan kesabaran anggota yang diketahui bernama Aiptu Bittelasmoko, juga mampu meredakan kemarahan tiga orang dalam mobil untuk bertahan beberapa saat hingga Sat reskrim Polsek Bobotsari tiba dan mengamankan mereka, Sabtu (9/12/17).

Kasat Lantas Polres Purbalingga AKP Sukarwan, dalam rilisnya kepada Mediajateng.net mengatakan, penggrebegan bermula saat anggota Polsek Bobotsari meminta bantuan jajaran kepolisian Polres Purbalingga melalui pesawat HT.
Informasi yang disebar menyebutkan ada laporan pelaku tindak kejahatan di ATM berkeliaran di wilayah Bobotsari mengendarai mobil jenis Toyota Calya warna hitam bernomor polisi B-1495-FZJ.

“Anggota Satlantas Pos Bobotsari Aiptu Bittelasmoko yang bertugas di Pos Lalu Lintas Bobotsari melakukan pemantauan di depan pos. Saat itu Aiptu Bittelasmoko bertindak sendirian karena personel lainnya sedang melaksanakan tugas razia penertiban kendaraan di lokasi lain,” jelas Sukarwan.

Saat sedang memantau, anggota melihat kendaraan yang dicari hendak melewati depan pos. Saat dilakukan pemeriksaan, dijumpai mobil dengan ciri yang diinformasikan hendak melintas. Selanjutnya dilakukan penghadangan dan memberhentikan kendaraan.

Setelah berhasil dihentikan, kemudian Aiptu Bittelasmoko menginformasikan melalui alat komunikasi Motorola kendaraan yang dicurigai melintas di depan Pos Lalu Lintas Bobosari dan sudah berhasil dihentikan. Namun dibutuh bantuan personel untuk penanganan dan pemeriksaan lebih lanjut.

“Saat diperiksa awal oleh Aiptu Bittelasmoko kendaraan berisi tiga orang sopir dan dua penumpang. Sopir kendaraan tersebut sempat sedikit marah mempertanyakan sebab kendaraan diberhentikan. Namun Aiptu Bittel mengajak berkomunikasi sambil mengulur waktu menunggu bantuan datang,” kata Sukarwan.

Tidak berlangsung lama, bantuan datang dari personel Polsek Bobotsari, Polsek Mrebet dan dari Satlantas Polres Purbalingga di lokasi. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan kendaraan dan identitas orang tersebut.

Saat ini, tiga orang yang dicurigai sebagai pelaku kejahatan tersebut sudah diamankan dan masih dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di Polsek Bobotsari. Diduga mereka adalah pelaku pengganjal ATM yang beraksi di salah satu mesin ATM di dalam mini market wilayah Bobotsari yang sempat dilaporkan warga.