Noia Rasyada Maharatuha Siswa SD Negeri 1 Kranji Juara Lomba Bercerita tingkat Provinsi

Banyumas, mediajateng.net – Noia Rasyada Maharatuha (11 tahun), siswa kelas V SD negeri 1 Kranji Purwokerto, berhasil menjadi Juara pada Lomba Bercerita tingkat Provinsi Jawa Tengah yang dilaksanakan, Rabu 2 Juni 2021 lalu di Aula Lt IV Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Propinsi Jawa Tengah di Semarang.

Noia mewakili Banyumas setelah menjuarai Lomba Bercerita tingkat SD/MI pada April lalu. Kala itu, dia membawakan cerita rakyat “Timun Mas” pada lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (Dinarpusda) Kabupaten Banyumas dengan peserta sebanyak 49 siswa SD/MI.

Saat menjadi juara Noia membawakan cerita “Asal Mula Sungai Serayu”. Dengan kemenangan inu Noia berhak mewakili Jawa Tengah pada lomba yang sama di tingkat Nasional.

Noia mengaku sangat senang menjadi Juara 1 pada lomba bercerita tingkat Jawa Tengah.

“Karena usaha yang saya lakukan tidak sia-sia. Saya bersyukur bisa membanggakan orang tua, guru, sekolah dan Kabupaten saya. Ini tentu menambah pengalaman dan menjadi pengalaman yang berharga,” katanya saat dihubungi lewat sambungan telepon Jumat (04/06/2021).

Untuk mempersiapkan penampilan di tingkat nasional, putra pasangan dari Fatoni dan Lita Desita yang beralamat di Desa Karanggintung RT 06 RW 02 Kecamatan Sumbang, akan mendalami cerita yang akan dibawakan dengan dipandu oleh gurunya.

“Saya akan lebih mendalami cerita yang akan saya bawakan. Say juga akan menambah kemampuan menyanyi karena akan memberi nilai tambah dalam lomba tingkat nasional, ” katanya.

Noia yang gemar membaca ini terus terpacu untuk mengembangkan diri, selain mau membanggakan orang tua, sekolah, dan dan daerahnya, juga ingin menantang diri berpacu dalam prestasi.

Kepala SD negeri 1 Kranji, Marimah, juga mengaku bangga siswa didiknya dapat menjadi juara dan membanggakan sekolah dan Kabupaten Banyumas.

“Alhamdulillah pada lomba bercerita ini berjenjang, Noia setelah berhasil di tingkat kabupaten, mampu menjadi yang terbaik di tingkat propinsi, semoga prestasi ini berlanjut hingga tingkat nasional,” kata Marimah. (MJ/50)