Ngak Mau Macet, Hindari Jembatan Kaligarang Broo

SEMARANG, Mediajateng.net-

Tidak Ingin terkena macet, Minggu (29/10/17) besok hindari ruas jembatan Kaligarang dan pilih jalan lain yang. Tidak saja karena kemacetan, namun kamu memilih rute lain juga demi keselamatan saat berkendara.

Peringatan untuk menghindari jalur lain, dilakukan menyikapi kasus jembatan roboh yang pernah terjadi di Indonesia, salah satunya jembatan Comal, Pemalang Jawa Tengah yang ambrol bertepatan dengan arus mudik lebaran tahun 2014.

Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Pekerjaan Umum, berencana akan melakukan uji monitoring kesehatan jembatan berkala, berupa uji pembebanan atau load test terhadap jembatan Kaligarang.

Kabag Humas dan Protokol Kota Semarang, Achyani, Sabtu (28/10/17) menjelaskan, uji pembebanan oleh Dinas Pekerjaan Umum ini sebagai upaya robohnya jembatan yang terjadi di Comal, Pemalang tidak terjadi di Kota Semarang.

“Ini merupakan upaya Pemerintah Kota Semarang dalam rangka pemeliharaan sarana prasarana umum, dan mencegah terjadinya kerusakan jembatan mengingat usia jembatan Kaligarang yang tergolong cukup lama”, ungkap Achyani.

Demi kelancaran pelaksanaan uji pembebanan jembatan tersebut, maka Minggu (29/10) besok mulai pukul 08.00-13.00 WIB, jembatan Kaligarang akan ditutup sementara. Dengan ditutupnya jembatan Kaligarang tersebut, maka akses jalan yang melewati jembatan Kaligarang selama pelaksanaan uji pembebanan akan dialihkan.

Dari arah timur, bagi warga masyarakat yang akan menuju ke barat, akses jalan dialihkan lewat Jalan Kelud Raya atau Jalan Bendungan Raya (Basudewo). Sementara bagi masyarakat yang dari arah barat dapat mengambil jalur alternatif melalui Jalan Pamularsih kemudian melewati Jalan Aldas, Tugu Suharto dan tembus di Jalan Sampangan atau jalur alternatif yang lain.

Adapun rencananya uji pembebanan (load test) dilakukan dengan melewatkan truk tronton bermuatan kurang lebih 40 ton sebanyak enam unit di atas jembatan Kaligarang bolak-balik. Lalu di atas jembatan dipasang alat baca lendutan guna mengetahui kinerja jembatan apakah masih memenuhi kapasitas atau tidak