Nekad Berkerumun Saat Pandemi Covid-19, Satpol PP Bubarkan Pengunjung Cafe

0

Semarang, Mediajateng.net, – Satpol PP Kota Semarang bersama dengan Dinas Kesehatan, Posko Semarang Tengah dan Utara kembali melakukan penertiban jam malam PKL dan kafe.

Kali ini para petugas gabungan tersebut membubarkan para pengunjung di Sade Kopi jalan Bulustalan dan H20 Coffee di Jalan Basudewo. Sedikitnya 40 pengunjung terpaksa dibubarkan dan kafe nya ditertibkan.

“Dalam Perwal No. 28, selama PKM di Kota Semarang, untuk PKL boleh buka hingga pukul 20.00 dan kafe pukul 21.00 WIB, itu pun tidak boleh melayani ditempat untuk menghindari kerumunan,” ujar Kasat Pol PP Kota Semarang Fajar Purwoto kepada mediajateng disela penertiban, Selasa (12/5/2020).

Namun, dari hasil penertiban beberapa hari ini, para pelaku usaha terkesan tidak memperhatikan aturan Wali Kota Semarang, maka pihaknya bersama unsur kecamatan setempat melakukan tindakan tegas.

“Karena mereka tidak memperhatikan aturan, maka kita ambil tindakan tegas dengan menutup paksa,” tandas Fajar.

Selain melakukan tindakan tegas terhadap dua kafe tersebut, petugas gabungan juga menindak tegas para PKL yang masih buka hingga malam di sepanjang Jalan Hasanudin, Imam Bonjol, Kampung Petek dan Jalan Thamrin.

Lebih jauh Fajar Purwoto menambahkan, Wali Kota Semarang menerbitkan Peraturan Wali Kota tentang PKM itu supaya para pelaku usaha bisa tetap berjualan, tapi harus dengan pembatasan.

“Tapi kalau para pelaku usaha tidak memperhatikan aturan, bagaimana akan berhasil dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Semarang. Padahal keberhasilan program ini adalah kedisiplinan dari masing-masing individu,” ujarnya.

Untuk itu lanjut Fajar, pihaknya minta tolong kerja samanya dalam rangka memutus rantai penyebaran virus Corona di Kota Semarang. (ot/mj)