Musim Kemarau Tak Usah Khawatir ! Pasokan Air Bersih di Semarang Tetap Aman : Inilah yang Dilakukan PDAM

Semarang, mediajateng.net, – Menghadapi musim kemarau, perusahaan daerah air minum PDAM Tirta Moedal Kota Semarang telah menyiapkan antisipasi agar suplai air bersih tetap aman.

Menurut Dirut PDAM Tirta Moedal Kota Semarang, Yudi Indardo, musim kemarau yang terjadi setiap tahun menjadi perhatian penting dalam meningkatkan upaya antisipasi.

Seperti di daerah bagian selatan Semarang misalnya, dimana pasokan airnya berasal dari mata air atau air tanah, sering mengalami penurunan debit air selama musim kemarau.

Ia mengatakan, sebagai bentuk antisipasi PDAM Kota Semarang telah menyiapkan sistem cadangan suplai air ke daerah-daerah selatan yang mengalami penurunan pasokan air.

“Kami memiliki skenario back-up system. Ketika pasokan air di daerah selatan menurun, kami melakukan peralihan suplai air dari timur ke selatan sebagai cadangan. Sebagai contoh, jika diperlukan, air dari Kaligarang akan dialihkan ke Gombel,” bebernya.

Selain itu, PDAM Kota Semarang juga telah menyiapkan truk tangki untuk mendistribusikan bantuan air bersih kepada warga jika musim kemarau berkepanjangan.

“Untuk mendukung ini, kami mendorong warga di daerah selatan untuk memiliki tandon air. Kami memberikan dukungan kepada semua warga Semarang, tanpa memandang apakah mereka pelanggan kami atau bukan,” kata Yudi.

Bantuan air bersih akan disalurkan jika terjadi kekeringan yang berkepanjangan dan mengakibatkan kesulitan bagi warga dalam mendapatkan air bersih.

“Daerah selatan seperti Banyumanik dan Gunungpati rentan kekeringan karena pasokan air berasal dari air tanah dan mata air yang menurun. Namun, sebagian besar pasokan air kami berasal dari sumber air permukaan. Hanya sekitar 20 persen yang berasal dari mata air. Jadi, tidak perlu terlalu khawatir,” jelasnya.

Ia juga menyebutkan bahwa Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana telah memastikan ketersediaan air baku selama musim kemarau dengan dukungan dari waduk-waduk besar.(ot/mj)