SEMARANG, Mediajateng.net-

Jika Daerah lain masih fokus dalam pembangunan infrastruktur, Kota Semarang melakukan hal berbeda. Setelah berhasil melakukan pembetonan jalan hingga ke dalam gang perkampungan, Walikota Semarang Hendrar Prihadi mulai memenuhi kebutuhan warga khususnya bidang kesehatan.

Program yang diharapkan dapat mengurangi pengeluaran karena alasan kesehatan, dilakukan dengan dengan memberi bantuan kepada warga yang sedang mengalami sakit dan harus dirawat di rumah sakit.

Dengan program terbaru, maka masyarakat Kota Semarang dapat tersenyum lebar. Pasalnya per 1 November 2017, Walikota Semarang, Hendrar Prihadi meluncurkan program UHC atau Universal Health Coverage.

Dengan UHC, Pemerintah Kota Semarang bekerja sama dengan BPJS akan menanggung biaya pengobatan seluruh masyarakat Kota Semarang yang sedang sakit.

“Yang perlu digaris bawahi adalah ini untuk seluruh masyarakat Kota Semarang, jadi tidak terbatas hanya untuk warga miskin saja,” tutur Walikota Semarang yang juga akrab disapa Hendi tersebut di Balaikota Semarang, Selasa (31/10/17).

“Syaratnya hanya KK dan KTP Semarang, serta bersedian mendapatkan pelayanan kesehatan tingkat pertama di puskesmas Kota Semarang dan rumah sakit kelas 3, itu saja,” lanjutnya.

Tidak hanya untuk warga Kota Semarang yang berobat di rumah sakit umum daerah. “Tidak hanya yang di rumah sakit pemerintah, yang berobat di rumah sakit swasta juga akan dijamin,” tegas Walikota Semarang.

“Kemudian saya juga banyak ditanya, untuk persalinan bisa pak Hendi ? saya tegaskan bisa”, terusnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Widoyono juga menegakan bahwa program UHC ini diinisiasi oleh Walikota Hendi agar seluruh masyarakat di Kota Semarang bisa mendapatkan pengobatan gratis dengan hanya bermodalkan KTP dan KK.

“Yang bisa mengikuti program UHC ini adalah warga Semarang yang sedang sakit di rumah sakit tapi tidak memiliki BPJS, atau punya BPJS tapi menunggak”, jelas Widoyono.

“Lengkapnya bila ingin paham lebih detail, kami menyediakan nomor telepon yang bisa dihubungi di nomor 085-225-060-938”, tambahnya.

Walikota Semarang, Hendi program UHC ini merupakan terobosan Pemerintah Kota Semarang yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya program UHC ini, nantinya seluruh masyarakat Kota Semarang tidak perlu terbebani biaya pengobatan dan perawatan ketika sedang sakit.

Sehingga mengingat pentingnya program ini, Hendi meminta partisipasi masyarakat untuk membantu pemerintah Kota Semarang mensosialisasikan program ini.