PEKALONGAN, Mediajateng.net – Selama bulan April 2018 Sat lantas Polres Pekalongan mencatat kerugian material akibat kecelakaan lalu lintas mencapai Rp. 24.550.000. Sementara itu jumlah angka kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Pekalongan mencapai 18 kejadian dengan merenggut nyawa 4 jiwa, luka berat 2 dan luka ringan 14.

Kasat Lantas Polres Pekalongan AKBP Bobby Anugrah Rachman, S.I.K, mengatakan, kecelakaan lalu lintas memang akan selalu ada. Semakin banyak manusia mengendarai kendaraan bermotor, maka angka kecelakaan pun akan selalu mengiringi.

“Kecelakaan lalu lintas tidak hanya disebabkan oleh orang lain, tapi juga bisa disebabkan oleh keteledoran diri sendiri,” ucapnya Selasa (23/5).

Untuk itu pihaknya akan memberikan beberapa Tips aman dalam berkendara baik berkendara dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.

“Gunakan sabuk pengaman dengan benar. Fungsi dari sabuk pengaman adalah sebagai penahan tubuh ketika terjadi benturan pada kendaraan. Posisi sabuk pengaman yang benar adalah menyilang pada tulang bahu dan tulang pinggul,” tandasnya.

Selanjutnya, optimalkan fungsi spion. Spion yang terdiri dari spion samping dan tengah, berfungsi untuk melihat apa yang ada di sisi kanan-kiri serta belakang mobil. Agar dapat melihat dengan jelas, aturlah barang dalam mobil agar tak menghalangi pandangan terutama spion tengah.

“Aturlah spion samping agar dapat menampilkan sedikit sisi samping kendaraan serta situsi jalanan di dekatnya,” katanya.

Selain itu, waspada terhadap situasi lalu lintas. Pengemudi ketika mengemudi harus dalam keadaan tenang dan memiliki kewaspadaan tinggi. Perhatikan juga kepentingan orang lain yang juga sedang menggunakan jalan.

“Selain itu yang tidak kalah penting adalah konsentrasi. Hindarkan mengemudi sambil makan atau bermain HP, baik itu menelepon atau berkirim pesan,” tandasnya.

Selanjutnya, jaga jarak aman. Walaupun suasana lalu lintas tampak lancar, jagalah jarak dengan kendaraan di depan untuk mengantisipasi kejadian rem mendadak. Berilah jarak kira-kira “tiga detik” waktu tempuh antara kendaraan di depan dengan kendaraan kita.

“Perhatikan juga tekanan angin pada ban. Periksalah tekanan ban saat ban dalam keadaan dingin. Sesuaikan tekanan ban dengan rekomendasi dari pabrik. Pastikan pula alur ban masih layak untuk digunakan,” katanya.

Penting juga untuk gunakan helm sebagai pelindung kepala. Agar memungkinan kita terhindar dari kecelakaan semakin besar Jangan lupa gunakan helm yang aman dan berlogo SNI.

Patuhi Rambu. Rambu lalu lintas yang dipasang di jalan raya bukan hanya sebagai penunjuk jalan atau membuat lalu lintas menjadi lebih tertib. Rambu juga berfungsi untuk melindungi para pengguna kendaraan dari bahaya kecelakaan.

Selanjutnya jaga Kecepatan. Banyak pengemudi yang mengabaikan keselamatan lalu memacu kecepatan sangat tinggi. Meski dianggap mengejar waktu mereka namun hal itu selain membahayakan diri sendiri, juga membahayakan nyawa orang lain di sekitarnya. Selalu gunakan lampu sein di setiap kesempatan saat akan mengambil jalur lain atau berbelok. Selain itu, spion harus tak pernah luput dari pandangan pengemudi.

“Kepada para pengendara kami ingatkan agar selalu berhati- hatil dalam berkendara di jalan raya, hindari bermain gadget saat mengemudi, dan istirahat saat mengantuk, Patuhi rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan, kecelakaan selalu bermula dari pelanggaran lalu lintas, walaupun kita sudah sangat berhati-hati masih saja kecelakaan itu bisa saja terjadi,” tambah Kasat Lantas AKP Bobby.