PURBALINGGA, Mediajateng.net – Tindakan cepat tidak saja dilakukan ketika korban sedang genting. Namun, ketika keberadan kendaraan mengganggu arus lalulintas, alat beratpun tidak segan dikerahkan. Seperti yang dilakukan anggota Polsek Kemangkon, Polres Purbalingga.

Saat mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan melihat mobil korban kecelakaan tunggal sebuah mobil hampir masuk ke sawah di jalan raya Desa Senon, Kecamatan Kemangkon, Purbalingga, Selasa (6/3/2018), usai melakukan tugasnya melakukan olah TKP, anggota Kepolisian bertindak cepat dengan menarik mobil naas.

Dimana, kendaraan jenis boks tanpa muatan, bernomor polisi D-8908-ZA. Mobil tersebut dikemudikan oleh Widianto (35) warga Desa Karangkemiri, Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara. Langsung ditarik dengan mengerahkan alat berat yang tidak jauh dari lokasi.

Kapolsek Kemangkon AKP Siswanto mengatakan bahwa mendapati laporan kejadian kecelakaan, anggota langsung mendatangi TKP. Selanjutnya meminta keterangan sejumlah saksi yang mengetahui peristiwa keelakaan tersebut.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kejadian tersebut. Namun bagian depan mobil boks masuk ke sawah dan memerlukan penanganan untuk evakuasi kendaraan,” kata kapolsek.

Anggota yang berada di lokasi kemudian bersama warga melakukan evakuasi kendaraan. Evakuasi dilakukan dengan menghadirkan alat berat untuk menarik mobil yang masuk ke sawah.

“Setelah berlangsung kurang lebih satu jam, akhirnya kendaraan bisa diangkat dari sawah kembali ke jalan raya. Selanjutnya mengganti ban yang pecah, kemudian melanjutkan kembali perjalanan menuju Purwokerto,” kata kapolsek.

Berdasarkan keterangan pengemudinya, sebelum kejadian kendaraan melaju dari Semarang menuju Puwokerto. Sampai di lokasi, kendaraan tiba-tiba mengalami pecah ban. Akibatnya kendaraan oleng dan nyungsep ke sawah.

Kapolsek mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati saat berkendaraan. Periksa kelengkapan dan kondisi kendaraan sehingga dapat terhindar dari kecelakaan ataupun gangguan kendaraan saat di perjalanan.(505-Mj)