DEMAK, Mediajateng.net – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika, SMK Kabupaten Demak, mengadakan telaah soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Acara yang berlangsung di SMKN 1 Demak itu, diikuti Guru Mata Pelajaran Matematika SMK, baik negeri maupum swasta.

Miftahul Ulum , Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika, SMK Kabupaten Demak, mengatakan, kegiatan penelaahan soal USBN merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan MGMP dalam rangka pelaksanaan USBN tahun 2019.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu ujian akhir sekolah melalui peningkatan mutu soal ujian,” katanya, kepada Mediajateng.net.

“MGMP mempunyai tugas membuat indikator soal yang dijabarkan dari kisi – kisi USBN yang telah dikeluarkan oleh Badan Standard Nasional Pendidikan (BSNP),” imbuhnya.

Selanjutnya, guru pada satuan pendidikan membuat soal berdasarkan indikator yang telah disusun oleh tim MGMP.

“Soal yang telah dibuat oleh satuan pendidikan selanjutnya di telaah oleh tim MGMP, apakah soal tersebut diterima atau ditolak,” ujarnya.

Menurutnya, sesuai peraturan BNSP nomor 0048/bnsp/xi/2018 tentang pos USBN tahun 2018/2019, peran MGMP menyusun dan menelaah indikator berdasarkan kisi kisi USBN serta menelaah soal USBN yang disusun guru dari satuan pendidikan.

“Dalam perakitan soal, terdiri dari 20 – 25 persen soal dari pusat dan 75 – 80 persen soal yang disusun oleh guru dan telah ditelaah MGMP,” bebernya.

“Dalam kondisi tertentu, seperti terbatasnya sumberdaya guru dan atau terbatasnya soal yang berkualitas, perakitan soal dapat dilakukan bersama MGMP,” pungkasnya.60mj