SEMARANG, Mediajateng.net, – Banyak pengusaha di wilayah Kota Jepara, Kudus dan sekitarnya merasa terbantu atas kinerja KPPBC  Tipe Madya Cukai Kudus. Tahun 2018 lalu, kantor ini meraih poin 4.41 dari skala 5 indeks kepuasan pengguna jasa.

Atas pelayanan tersebut, sejumlah pengusaha memberikan apresiasi positif. Menurut Direktur Utama PT DCP Travelling Product Chen Qiong Fen, kinerja yang dititikberatkan pada pembinaan, memberi peluang untuk memperbaiki kesalahan dari sisi apapun.

“Saya pikir itu dapat menjadi tolok ukur yang sepadan atas kinerja dan dedikasi mereka selama ini,” ujarnya kemarin.

Namun atas pencapaian tersebut, lanjut dia, bukan berarti KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus melakukan pembiaran kesalahan yang mungkin dilakukan. Namun sikap-sikap untuk membina dan bukan langsung membebankan kesalahan, dinilai merupakan tindakan positif dalam pengembangan dunia industri sekarang ini.

“Para pengusaha jadi semakin terbantu dan semakin bersemangat dalam berusaha sekaligus meningkatkan skala ekspor produk dan impor bahan baku atau mesin. Tenaga kerja yang terserap-pun jadi lebih banyak yang berarti ikut mensejahterakan warga sekitar,” tandasnya.

Lebih dari itu, tranparansi dalam setiap pengelolaan kasus, menjadi bukti kinerja dan dedikasi yang dilakukan. Ia berharap ke depan, Kantor Bea Cukai Kudus semakin meningkatkan profesionalitas kerja sekaligus mempertahankan kinerja positif yang telah dicapai.

Manajer Operasional PT. DCP, Fitria Andriani menambahkan apa yang disampaikan rekan-rekan sesama pengusaha di Jepara, Kudus dan sekitarnya ini, bukanlah omong kosong. Menurutnya, banyak dari rekan pengusaha yang sangat terbantu dengan kinerja Kantor Bea Cukai tersebut.

Tidak dipungkiri, dari pengalamannya bergelut di dunia industri, tidak sedikit oknum Bea Cukai yang kadang mempersulit kesempatan berusaha para pengusaha. Namun iklim kerja yang dilakukan Kepala Kantor Bea Cukai Iman Prayitno justru membina dan mengayomi dunia industri.

“Di bulan yang baik dan suci ini, izinkan saya menyampaikan penghargaan dan apresiasi setulus-tulusnya untuk aparat Bea Cukai Kudus. Kinerja, dedikasi dan layanan yang mereka berikan selama ini, menunjukkan betapa tulusnya mereka dalam pengabdian kepada negara. Tentu ini bukanlah omong kosong atau mbombong jika saya menyanjung kinerja mereka. Apalagi ini di bulan suci, pantang hukumnya berbohong.”

Karenanya ia berharap, momentum Ramadhan ini dapat terus meningkatkan kepercayaan pengguna jasa Bea Cukai Kudus. Kepercayaan kami memang tidak bisa dibeli karena hanya dengan bukti nyata kinerja saja, semua dapat terwujud.

“Semoga ke depan, layanan yang diberikan semakin baik, menambah lebih banyak pembinaan untuk pengguna jasa serta tak bosan ‘menjewer’ kami jika dinilai melenceng. Transparansi menjadi kunci agar semuanya dapat mewujudkan good governance di era pemerintahan Presiden Jokowi,” tegasnya. (ot/mj)