Pidie Jaya,Mediajateng.net-Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meninjau Posko Induk Kementerian Sosial (Kemensos) di Desa Deah Pangwa, Kec Trienggading, Kabupaten Pidie Jaya, Kamis pagi. (15/12)

Posko Induk Kemensos merupakan Pusat Pengendalian Operasional penanganan pengungsi, pusat data dan informasi korban bencana, pusat layanan psikososial bagi kelompok rentan (anak-anak, ibu hamil, lansia dan disabilitas).

Di posko ini Mensos melihat secara langsung proses pengolahan data terpilah berdasarkan by name by address, jenis kelamin, kelompok rentan, pendidikan dan status kerusakan rumah, serta kondisi psikososial (trauma).

Seluruh pendataan dilakukan oleh tim Kemensos yang terdiri dari unsur Tagana, tim dukungan psikososial, TKSK (Tenaga Keawjahteraan sosial Anak) dan pendamping PKH.

Setelah itu Mensos menuju Dapur Umum Lapangan (Dumlap) Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan disambut sejumlah ibu yang tengah menyiapkan sarapan pagi untuk tim lapangan kemensos. Tanpa ragu dan canggung, Mensos turun tangan menumis sayuran di wajan besar.

“Kita masak apa hari ini?,” tanya Mensos kepada ibu-ibu yang tengah meracik bumbu masakan.

Para ibu kompak menjawab “Memasak Pliek Ue, Gulai khas Aceh.”

Setelah memasak, Mensos mengecek data jumlah pengungsi, memastikan logistik telah terdistribusi merata, dan berdialog dengan anak-anak terdampak gempa.

“Ibu punya Juz Amma dan jilbab. Anak-anak mau?,” tanya Mensos sambil mengusap kepala seorang bocah perempuan.

Tanpa dikomando, anak-anak berbaris rapi mengantre sementara Mensos memasangkan jilbab ke kepala mereka satu per satu.

Mensos didampingi Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Harry Hikmat beserta rombongan kemudian melanjutkan kunjungan ke beberapa posko pengungsi di Pidie Jaya.
*Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI*

1 KOMENTAR

Comments are closed.