GROBOGAN, Mediajateng.net- Wajah Siti Aminatun terlihat pasrah ketika petugas juru sita dari Pengadilan Negeri Purwodadi mengeksekusi rumah seluas 510 meter persegi yang berlokasi di Kampung Gebangan, Desa Putat, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Rabu (16/1/2019). Satu per satu perabotan rumah tangga yang berada di dalam rumahnya diambil petugas untuk dipindahkan sementara ke rumah tetangganya.

Eksekusi pengosongan rumah ini terkait laporan Heru Setiawan , warga Graha Candi Golf Semarang, yang membeli rumah tersebut dengan proses lelang. Namun, pihaknya tidak dapat menguasai rumah tersebut. Hal tersebut dikatakan langsung Panitera Pengadilan Negeri Purwodadi, Herry Istiarti SH kepada wartawan dalam eksekusi tersebut.

“Hari ini kita melakukan eksekusi atas permohonan eksekusi yang diajukan Pak Heru Setiawan Karyadi. Permohonan eksekusinya ini tertanggal 16 Januari 2018. Sebelumnya kita sudah melakukan berbagai proses sesuai prosedur. Yang pertama, kita melakukan teguran tepatnya pada 8 Februari 2018. Kemudian, tahap kedua kita lakukan penetapan eksekusi tertanggal 17 September 2018. Kemudian, finalnya kita lakukan eksekusi pengosongan rumah berdasarkan penetapan Ketua Pengadilan Negeri Purwodadi tertanggal 13 Desember 2018,” jelas Herry.

Herry menjelaskan, Heru Setiawan selaku pembeli rumah dengan sistem lelang bernilai Rp 306.200.000. Namun, pemohon tidak dapat menguasai rumahnya karena masih ditinggali Siti beserta keluarganya.

Sebelum dilakukan pengosongan rumah, Siti beserta keluarganya tidak mengindahkan panggilan petugas dari luar rumah. Sementara, pagar rumah berwarna cokelat tersebut digembok dari dalam. Petugas kesulitan untuk masuk ke dalam rumah tersebut dan terpaksa memanggil tukang untuk membuka paksa gembok tersebut.

Meskipun pihak pemenang lelang berniat baik kepada Siti dan keluarganya dengan memberinya sebuah rumah kontrakan selama setahun. Namun, niat tulus itu ditolaknya. Siti sendiri enggan diwawancarai wartawan. Ia memilih berdiam diri di ruang tamu rumah tetangganya.

Selain petugas juru sita dari Pengadilan Negeri Purwodadi, eksekusi ini juga melibatkan petugas gabungan dari polisi dari Polres Grobogan dan TNI dari Kodim 0717/Purwodadi. (Ag-Mj)