BATANG, Mediajateng.net – Warga Karang Asem Kabupaten Batang dibuat geger dengan temuan benda menyerupai wajan (penggorengan) ukuran raksasa saat menggali pondasi masjid Senin (18/7).
Benda yang diduga wajan itu berbentuk lingkaran ketika pertama kali ditemukan oleh Siswanto (45) saat menggali pondasi Masjid Al Furqon di Desa Karangasem Utara, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.
Kepala Dinas Pariwisata Batang, Bambang Supriyanto menjelaskan, saat itu pekerja sedang menggali menggunakan cangkul untuk membuat pondasi cakar ayam pembangunan Masjid. Tiba- tiba di kedalaman 1 meter menyentuh benda keras yang sudah tertutup tanah. “Awalnya kita mengira hanya besi biasa namun setelah kita gali ternyata berbentuk lingkaran persis seperti penggorengan orang-orang zaman dahulu dan ukurannya cukup besar,” terangnya.
Bambang menjelaskan ukuran wajan tersebut cukup besar diperkirakan berdiameter 3 meter dan tebal 10 centimer. Temuan ini akan segera dilaporkan ke Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Tengah untuk dilakukan penelitian, jika masuk salah satu benda purbakala maka akan kita serahkan ke Pemerintah Provinsi. “Kita nunggu petugas dari Provinsi Jawa Tengah, kita takut jika digali nantinya bisa merusak benda tersebut. Karena peralatan yang digunakan hanya cangkul,” tambahnya
Sementara itu untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan pihak kepolisian terpaksa memasang garis polisi di lokasi. (MJ-089)

4 KOMENTAR

Comments are closed.