BLORA, Mediajateng.net- Masa depan olahraga di Kabupaten Blora, makin cerah.

Setelah dilaksanakan pembentukan keanggotaan, para pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Cabang Blora periode 2019-2023 dilantik. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Selasa (29/1/2018).

Kepada Mediajateng.net, Rabu (30/1/18) dijelaskan, Ketua Umum KONI Jateng, Brigjen TNI (purn) Subroto melantik langsung para pengurus KONI yang baru ini.

Dalam sambutannya, Subroto menegaskan KONI bukan sebagai tempat mencari hidup atau nafkah. Namun, KONI mempunyai tugas yakni memberi hidup kepada cabang olahraga dan atlet sesuai aturan yang berlaku.

“Saya mendukung penuh pernyataan KONI bukanlah tempat mencari nafkah. Namun, KONI harus dapat memberikan kesejahteraan kepada para atlet dengan prestasi yang diraih,” kata Subroto.
Sementara itu, Ketua KONI Blora yang baru saja dilantik, Hery Sutiyono mengemukakan komitmennya mempertahankan semangat patriot olahraga dengan satu tekad bela Negara melalui pejuang olahraga.

“Di kepengurusan KONI Blora kali ini, jumlah personelnya sebanyak 25 orang. Jumlah ini lebih banyak dibanding kepengurusan sebelumnya yakni hanya 22 orang saja. Yang membedakan, di kepengurusan kali ini kami membentuk koordinator wilayah (korwil) di setiap eks Kawedanan Blora,” jelas Hery.

Pembentukan korwil ini juga didukung Subroto selaku Ketua KONI Provinsi Jateng. Menurutnya, pembentukan tersebut sesuai dengan misinya.

“Ini sesuai dengan misi saya. Apalagi pembentukan korwil sudah diamanatkan dalam UU system keolahragaan nasional,” tutur Subroto.

Selain pembentukan kepanitiaan yang berbeda, prosesi pelantikannya juga mendapatkan respon positif dari Subroto yakni adanya lagu Bagimu Negeri yang dinyanyikan seluruh anggota KONI serta tamu undangan yang hadir.

“Di daerah lain, tidak ada prosesi menyanyikan lagu Bagimu Negeri. Saya minta dalam pelantikan pengurus KONI di kabupaten atau kota lainnya diadakan seperti ini. Kalau perlu ditambah juga mencium bendera merah putih,” tegasnya.
Sementara itu Bupati Djoko Nugroho berpesan agar para pengurus KONI yang baru ini dapat membuktikan komitmennya dalam membela negara melalui prestasi di bidang olahraga. Hal itu disampaikan dalam sambutannya.

“Prestasi di bidang olahraga itu berbanding lurus dengan kemajuan sebuah negara maupun daerah. Negara-negara yang sejahtera dan maju, pasti diikuti dengan prestasi di bidang olahraganya,” kata Djoko Nugroho.Mj/Ag