Mahasiswa KKN USM Bantu Pasarkan Produk UMKM

0
92

Semarang, Mediajateng.net, – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata(KKN) dari Universitas Semarang (USM) menggelar  kegiatan bazar murah dengan mempromosikan produk UMKM yang di selenggarakan di Taman Meteseh Kecamatan Tembalang pada Selasa (4/1).

Mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut berasal dari 12 tim KKN dari Kelurahan Meteseh, Kelurahan Rowosari, Kelurahan Kramas, Kelurahan Jangli, Kelurahan Tandang, Kelurahan Kedungmundu, Kelurahan Sendangmulyo, Kelurahan Mangunharjo, Kelurahan Bulusan, Kelurahan Tembalang, Kelurahan Sambiroto, dan Kelurahan Sendangguwo.

Para mahasiswa menampilkan stand unik dan memamerkan beberapa hasil karya UMKM seperti kuliner, kerajinan tangan hasil kerja sama mahasiswa dengan kelompok umkm yang ada di Kecamatan Tembalang, seperti produk olahan jahe, kerajinan tangan, makanan ringan, dan lain-lain. Selain produk UMKM, para mahasiswa juga menjual sembako murah untuk masyarakat di sekitar Tembalang.

Menurut Rektor USM Andy Kridasusila, dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan tersebut karena salah satu Tri Dharma Perguruan tinggi yakni KKN masuk dalam kurikulum perkuliahan.

“Semoga para dosen, mahasiswa  melakukan pendampingan kepada masyarakat secara langsung, agar bisa bersinergi melalui pemerintah kota, kecamatan dan instansi yang berkaitan dengan keilmuan di USM,” ungkap Andy.

Andy menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pendampingan kepada pelaku usaha UMKM dari Kota Semarang agar pemasaran produk semakin luas hingga semua wilayah Jawa Tengah.

Menurut Tatas Transinata selaku supervisi KKN Kecamatan Tembalang mengatakan, selain bazar murah juga terdapat kegiatan kunjungan rektor.  Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian program kerja KKN yang bertujuan untuk mengoptimalkan sumber daya, potensi masyarakat di Kelurahan maupun di Kecamatan Tembalang.

“Semoga kedepan mahasiswa mampu lebih kreatif dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan skillnya, untuk masyarakat masyarakat bias menjadi wirausaha yang baik, kreatif bisa memberikan nilai lebih di kota Semarang,” harapnya.

Sementara itu Sekretaris Kecamatan Nur Fathoni berpesan kepada mahasiswa USM untuk terus mengupayakan pendampingan, karena masyarakat merasa terbantu karena adanya mahasiswa KKN.

“Semoga kegiatan KKN USM bisa berlanjut, karena masyarakat sangat membutuhkan, misalnya UMKM bisa membantu pemasaran untuk kesejahteraan masyarakat Kecamatan Tembalang. Selain itu masyarakat juga punya potensi besar untuk terus digali antara lain UMKM dan pengrajin lainnya,”tandasnya.

Selain bazar, ada juga penampilan budaya jatilan dari Kelurahan Mangunharjo, bakti sosial ke panti asuhan dan doorprize sepeda untuk masyarakat di Kecamatan Tembalang. Acara dihadiri struktural Rektorat, Dekan, supervise dan Dosen Pendamping lapangan tiap  kelurahan. (ot/mj)