SAMPAIKAN MATERI : Iqbal Balqi menyampaikan ulasan pada Seminar yang di gelar UCAC di Aula Gedung V Lantai 6 Universitas Semarang. Foto : Otong Fajari

SEMARANG, Mediajateng.net- Universitas Semarang Career and Alumni Center (UCAC) menggelar Seminar dengan Tema Work With Creativity & Passion How to be a Creative Person in Your Career. Acara tersebut digelar di Aula Gedung V Lantai 6 Universitas Semarang (USM), Selasa (12/3).

Pembicara kondang yang hadir yakni, Obin Robin. Sosok Creativepreneur, Endorser, TV Host, Radio Announcer, Publik Speaker, MC datang ke kampus USM untuk meningkstkan tensi konunikasi mahasiswa.

Selain itu, sosok Iqbal Balqi yakni Producer Sunset Trip Prambors Jakarta, Creative Net TV, Radio Announcer, Publik Speaker menjadi pemateri kedua di depan peserta seminar yang mencapai 150 baik dari mahasiswa maupun dari alumni.

Dini Anggraini ketua UCAC periode 2018/2019 mengaku kegiatan, dapat membantu mahasiswa memulai karir.

Acara dibuka Wakil Rektor III USM Dr Mochamad Chaerul Latif MSi. Dalam pembukaan, Wakil Rektor berpesan agar dapat menularkan virusnya (ilmu) kepada mahasiswa USM.

Beliau juga mengaku bahwa UCAC sangat peduli kepada para mahasiswa, karena mahasiswa akan terus terkait dengan UCAC meskipun sudah menjadi alumni dari USM.

Selain itu beliau juga berpesan kepada mahasiswa agar kelak dapat bersaing dan dapat membuat lapangan pekerjaan sendiri sehingga mulai dari sekarang harus dipersiapkan dengan matang mengingat persaingan sekarang semakin ketat sehingga mahasiswa dituntut untuk menjadi seorang yang kreatif yang ilmunya dapat bermanfaat.

Sementara Robin Obin menyampaikan bahwa kreatifitas itu diasah terus dengan cara konsultasi dengan professional, minta pendapat ahli tentang apa yang sedang diguleti, eksplor ke luar kota, dan selalu melihat referensi di media sosial.

“Sekarang ini yang paling penting adalah soft skill, mempunyai semangat, mempunyai kemauan, fokus, bersikap positif, dan tidak lupa dukungan dari keluarga agar mendapatkan karir yang diinginkan,” tambahnya.

Obin juga mengaku bahwa dia sangat menyukai membuat video, dulu Obin membeli hp seharga 4 jutaan dan selama 2 tahun dia dapat menghasilkan uang hampir 100 juta.

Berbeda dengan Iqbal Balqi yang pernah bekerja di Net TV yang katanya tidaklah gampang. Selain itu Iqbal bertanya kepada peserta bahwa

“Setelah lulus ingin kerja yang menurut jurusan kuliah, passion, disuruh orang tua, apa yg penting kerja?,” tanyanya.

Kemudian Iqbal memberikan tips bahwa mahasiswa harus mempunyai mimpi yang sangat tinggi, mahasiswa setelah wisuda apabila ingin langsung dapat pekerjaan maka harus disiapkan dari sekarang dan harus mulai memperbanyak link.

Tidak hanya itu keikutsertaan mahasiswa dalam bidang organisasi yang ada di kampus juga nantinya akan berguna sebagai curiculum vitae (CV) dan track record.

Iqbal juga mengaku bahwa ketika diusia 20-30 tahun kita harus bisa menjadi follower yang ngikuti orang, kemudian meresap ilmunya. Berbeda ketika diusia 30-40 tahun harus sudah merintis usaha sehingga diusia 40-50 tahun sudah menjadi entrepreneur yang sukses.

“Tidak perlu hal baru, karena sekarang ada semboyan ATM yaitu amati, tiru, dan modifikasi, yang penting tetap fokus dan konsisten dengan apa yang kita jalani,” Imbuhnya.mj/otong