Sejumlah siswa konsentrasi dalam lomba penulisan biografi Kiai Lokal. Foto : Dokumen mediajateng.net

DEMAK, Mediajateng.net- Rahayu Wulan Sari, siswi Madrasah Aliyah Terpadu Yasin berhasil merebut juara pertama lomba penulisan biografi kiai lokal di Kabupaten Demak.

Lomba penulisan biografi merupakan salah satu cabang lomba dalam rangka Pekan Olahraga dan Seni (Porsema) XI yang diselenggarakan oleh LP Ma’arif NU Cabang Demak.

Lomba yang berlangsung di Madrasah Ibtidaiyah Sultan Fatah Demak itu, diikuti belasan pelajar NU Kota Wali.

Sementara itu, juara kedua diraih oleh Wafiq Chusnul Maulidia siswi MA Al Irsyad dan ketiga Iin Sirota Aisyah dari MA NU 2 Serangan.

“Lomba penulisan biografi ini selain sebagai syiar Islam juga ingin mengangkat tokoh – tokoh kiai lokal di Demak yang sebenarnya banyak sekali dan belum terpublikasikan,” kata Nurul Asror salah satu panitia, Minggu (3/3/2019).

“Total ada 21 macam perlombaan olah raga dan seni, diantaranya film dokumenter, pidato dan debat Bahasa Arab dan Inggris,” imbuhnya.

Selama hampir tiga jam, pelajar NU dibawah naungan lembaga LP Ma’arif NU Cabang Demak itu, menyelesaikan tulisan biografinya.

Sebelum mengikuti kompetisi menulis, peserta melakukan observasi terlebih dahulu selama satu minggu.

Adapun penilaian lomba meliputi isi berita, sumber berita, bahasa dan tulisan dengan menghadirkan dewan juri dari PWI Demak yakni Hasan Hamid, Wahib Pribadi dan Ari Bubut.

“Tulisan teman-teman ini, semuanya bagus. Rata-rata nilainya di atas angka 250. Mereka mempunyai bakat menulis,” kata Hasan yang juga Ketua PWI Demak.

“Tulisan biografi ini eman – eman (sayang) jika tidak di bukukan. Insya Allah PWI Demak siap membukukannya,” pungkasnya.60/mj