BLORA, Mediajateng.net- Pawai pembangunan yang mengusung tema keberagaman budaya Indonesia “Pesona Gemerlap Jiwa Nusantara” dalam rangkai menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 73 Kemerdekaan RI tingkat TK-SD di Kabupaten Blora berlangsung meriah, Sabtu pagi (11/8/2018).

Puluhan sekolah TK dan SD berlomba mempertunjukkan kreativitasnya masing-masing di sepanjang rute yang telah ditetapkan. Untuk para siswa TK mayoritas menampilkan keberagaman busana daerah dari Sabang hingga Merauke. Mereka terlihat lucu dan imut memakai pakaian adat. Sesekali mereka melambaikan tangan kepada para tamu undangan yang duduk di panggung kehormatan.

Tidak hanya pakaian adat saja, tim pawai dari SD juga menampilkan tampilan kesenian lainnya seperti barongan, wayang kulit, hadroh, drumband, batik carnival hingga beraneka tari kreasi tradisional. Namun, khusus siswa TK yang mengikuti pawai diperkenankan menggunakan kendaraan bak terbuka, sedangkan untuk SD diharuskan berjalan kaki.

Mereka dilepas mulai dari depan Kantor Bupati Blora Jalan Pemuda. Para peserta diberangkatkan langsung oleh Bupati Djoko Nugroho yang diwakili oleh Sekda Komang Gede Irawadi SE, M.Si bersama Bunda PAUD Kabupaten Blora Dra. Hj. Umi Kulsum Djoko Nugroho.

“Selamat mengikuti pawai pembangunan anak-anakku. Pawai pembangunan merupakan salah satu media kita untuk mengenalkan kekayaan dan keberagaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia kepada anak-anak. Selain itu, dengan mengikuti pawai pastinya akan menjadi kenangan tersendiri ketika kita tumbuh besar nanti. Anak-anak generasi emas Indonesia yang genius ini harus terus ditanamkan nilai-nilai kebhinekaan dan persatuan demi keutuhan bangsa,” ucap Komang Gede Irawadi SE, M.Si.

Sementara itu Kepala Seksi Pawai Pembangunan, Ir. Samsul Arief, yang tidak lain Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan (Dinrumkimhub) Kabupaten Blora menyampaikan pawai anak-anak TK-SD kali ini diikuti oleh 83 tim atau regu.

“TK ada 73 sekolah terdiri dari PAUD dan KB, sedangkan SD ada 10 sekolah saja,” kata Ir. Samsul Arief.

Untuk rute pawai sendiri, menurutnya setelah pelepasan dari depan Kantor Bupati, masing-masing peserta diwajibkan melintasi Jl.Pemuda – Perempatan Grojogan ke utara – masuk Jl.Gunung Lawu – Jl.Jlubang-Gor dan finish di Taman Blora Super Blok.

Meskipun cuaca panas, hal itu tidak mengurangi semangat anak-anak untuk mengikuti pawai. Terlihat penonton berjubel di sepanjang rute yang dilalui, terutama para orang tua yang ingin menyaksikan buah hatinya tampil.

“Alhamdulillah berjalan lancar. Pada tanggal 18 Agustus minggu depan akan dilaksanakan pawai untuk kategori SMP-SMA/SMK-OPD/Umum pada malam hari mulai 19.00 WIB dengan mengambil start Alun-alun dan finish Blok T,” pungkas Ir. Samsul Arief. (Ag-Mj)